Tinggal Bersama Perokok, Anak Berisiko Jadi Perokok

Senin, 25 Mei 2015 - 17:37 WIB
Tinggal Bersama Perokok, Anak Berisiko Jadi Perokok
Tinggal Bersama Perokok, Anak Berisiko Jadi Perokok
A A A
JAKARTA - Tinggal bersama seorang perokok aktif melipatgandakan peluang anak-anak untuk menjadi seorang perokok ketika dia sudah dewasa. Ini adalah hasil dari penelitan terbaru.

Penemuan ini berdasarkan data dari Hispanic Community Health Study/Study of Latinos (HCHS/SOL). Ini merupakan kajian terbesar yang masih berlangsung terhadap populasi beragam etnis-kultural di Amerika Serikat (AS).

Dalam penellitian ini, para periset melihat data yang dikumpulkan dari 13.231 orang dewasa berusia 18—74 tahun. Dari angka tersebut, 40% responden melaporkan terpapar rokok di rumah ketika mereka masih anak-anak dan remaja. Sementara, 20% dari peserta adalah perokok baru.

Paparan rokok di rumah terhadap anak-anak nyaris melipatgandakan risiko menjadi perokok baru, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah terpapar rokok di rumah. Kajian ini dipublikasikan di jurnal Preventive Medicine.

“Kita tahu bahwa paparan terhadap asap rokok ketika masih anak-anak adalah faktor risiko mereka merokok ketika dewasa karena itu adalah perilaku yang dipelajari. Hasil kajian kami menguatkan teori ini,” papar penulis utama kajian ini, Elena Navas-Nacher, dari University of Illinois di Chicago, yang dikutip Times of India.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4656 seconds (0.1#10.140)