Pola Minum 2+4+2 Jaga Hidrasi Saat Puasa

Rabu, 03 Juni 2015 - 23:33 WIB
Pola Minum 2+4+2 Jaga Hidrasi Saat Puasa
Pola Minum 2+4+2 Jaga Hidrasi Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Bagi umat Muslim yang menjalankan puasa, diharuskan tetap menjaga hidrasi tubuh untuk kesehatan. Pasalnya, saat berpuasa manusia tetap membutuhkan asupan air putih sekitar dua liter atau setara delapan gelas air sehari sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemkes) untuk menggantikan cairan yang hilang.

Lantas bagaimana menjaga hidrasi tubuh untuk kesehatan saat berpuasa? Danone Aqua kembali mengkampanyekan pentingnya menjaga hidrasi tubuh saat berpuasa dengan menjalankan pola 2+4+2.

"Perlu mengatur pola minum agar tidak kekurangan cairan. Rekomendasinya adalah 2+4+2, yaitu dengan meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat akan tidur," papar Health Marketing Director Danone Aqua, Jack Pradono Handojo di Restauran Harum Manis, Rabu (3/6/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, Sri Sukmaniah menjelaskan, seringkali orang memilih minuman manis berkalori tinggi secara berlebihan pada saat berbuka puasa. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih saat berbuka puasa sangatlah baik.

"Air putih memang yang paling direkomendasikan. Air putih merupakan cairan yang paling alami untuk menghidrasi tubuh. Air putih tidak mengandung pemanis, pewarna, atau pun pengawet," ujar Sri Sukmaniah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4800 seconds (0.1#10.140)