Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Minggu, 05 Juli 2015 - 07:13 WIB
Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa
Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa
A A A
JAKARTA - Kurang minum selama puasa, rentan membuat kulit kering dan bibir pecah-pecah. Keadaan ini pun kerap membuat seseorang membasahi bibirnya dengan air liur. Namun sayangnya, hal tersebut tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan.

"Kalau bibir kering kita basahi dengan ludah itu jangan karena pada ludah ada enzim dari kelenjar saliva yang justru malah nambah bikin kering, bahkan meradang," papar Dermato-venerologist Klinik Bamed Skin Care, dr Sari Chairunnisa di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Parahnya, bibir meradang akan terasa perih dan kemerahan. Bahkan muncul bintil merah. Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebagai penanganan pertama, Anda dapat menggunakan lipbalm.

"Baiknya gunakan lipbalm kalo dirasa kering, langsung dioleskan. Memang tergantung individu ada yang pakai lipbalm natural, atau yang berwarna, selama tidak menimbulkan keluhan tidak apa-apa," jelasnya.

Tidak hanya menggunakan lipbalm, dr Sari pun menyarankan untuk menjaga asupan cairan. Mengonsumsi air putih yang cukup, terutama selama buka puasa sampai sebelum tidur.

"Umumnya orang akan lebih malas minum di waktu sahur. Dalam sehari konsumsi air idealnya 30-50 cc per kg berat badan per jam," ujarnya.

Selain kurangnya asupan cairan, faktor lingkungan juga memicu kulit kering. "Supaya kulit nggak kering perbanyak makan buah dan sayur. Sayur dan buah kan kaya akan antioksidan, mampu menangkal radikal bebas dari luar. Sebab, kulit kering juga dipengaruhi faktor lingkungan," tandasnya.

Sementara itu, pelembab tubuh atau wajah juga harus diaplikasikan secara berulang. Setelah salat, Anda dapat menggunakan kembali pelembab sebelum menggunakan bedak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7282 seconds (0.1#10.140)