Bahaya Mengirimkan Pesan Teks Saat Berjalan

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 17:34 WIB
Bahaya Mengirimkan Pesan Teks Saat Berjalan
Bahaya Mengirimkan Pesan Teks Saat Berjalan
A A A
JAKARTA - Berkembangnya teknologi, membuat gadget tak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Bahkan, banyak orang yang kerap mengirim atau membalas pesan singkat sembari berjalan.

Namun, kebiasaan tersebut tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan. Menurut penelitian kebiasaan ini bisa mengganggu fungsi kognitif seseorang. Bahkan, mempengaruhi gerak jalan seseorang.

Dilansir dari Zee News, hal tersebut terungkap melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Bath dan Texas A&M University. Menurutnya, kebiasaan mengirimkan pesan sembari berjalan memicu memperlamban gerak seseorang.

"Mereka yang kerap fokus memainkan ponselnya sembari berjalan secara otomatis menganggu fungsi kognitifnya. Mereka akan lebih memperlambat gerak karena waspada dengan berbagai macam risiko kecelakaan yang bisa terjadi," papar peneliti dari Texas A&M University, Dr Conrad Earnest.

Earnest pun mengingatkan, risiko yang bisa terjadi pada pelaku maupun orang di sekitarnya. Pasalnya, tak sedikit orang yang SMS sambil berjalan mengalami kecelakaan.

"Sebaiknya jika memang ingin membalas pesan teks atau menelepon di jalanan, berhentilah sejenak dan cari tempat yang aman untuk melakukannya," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6931 seconds (0.1#10.140)