Penampakan Malam Kedua Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Tenda Pengungsian

Sabtu, 04 Maret 2023 - 22:04 WIB
loading...
Penampakan Malam Kedua Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Tenda Pengungsian
Ratusan warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang masih mengungsi, Sabtu (4/3/2023) malam. Salah satunya di posko Kantor PMI Jakarta Utara. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Ratusan warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang masih mengungsi, Sabtu (4/3/2023) malam. Salah satunya di posko Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara.

Pantauan MNC Portal, hujan sempat mengguyur wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya. Meski demikian, pengungsi tampak tabah bertahan di bilik tenda pengungsian.



Meski dirundung duka akibat rumah sudah luluh lantak akibat kebakaran, secercah kebahagiaan masih terpancar di wajah mereka karena masih bisa berkumpul dengan keluarga. Terlihat sejumlah pengungsi asyik menyantap makan malam, dan sebagian lagi sibuk memilah pakaian bantuan yang diterima.

Terdapat tiga tenda pleton berwarna biru yang terpasang di halaman utama Kantor PMI Jakarta Utara. PMI menyiapkan kurang lebih 100 velbed atau tempat tidur darurat yang dibagikan ke masing-masing tenda. Tersedia juga alas tidur berupa kasur palembang hingga spanduk beralaskan karpet.

"Alhamdulillah, malam ini karena kita antisipasi hujan, saya khawatir sehingga memberikan velbed agar tidak kedinginan. Malam ini velbed saya pasang 100 ya, saya mengutamakan anak kecil," ujar Ketua PMI Kota Jakarta Utara Rizal di posko pengungsian.


Rizal memastikan kebutuhan para pengungsi, terutama bayi, tercukupi hingga empat hari ke depan. Hanya saja kebutuhan obat-obatan belum terpenuhi semua mengingat masing-masing pengungsi beda kebutuhannya.

"Dari pampers, makanan, dan susu sudah tercukupi. Empat hari ke depan masih tercukupi, bisa memadai ya. Tinggal nanti makanan- makanan basah spontan, misal pagi kacang ijo siang makan nasi, itu yang spontanitas, biasanya ada," ucapnya.

Ida (30), salah satu pengungsi di PMI Jakarta Utara yang sudah dua malam mengungsi sejak terjadinya kebakaran Jumat malam mengaku kebutuhan selama mengungsi sudah tercukupi.

"Alhamdulillah sekarang banyak makanan. Baju yang memberikan bantuan juga. Semoga berkah ya semuanya. Bersyukur banget banyak yang nyumbang segala macam, alhamdulillah," kata Ida.

Sejak sore tadi bantuan kemanusiaan berupa sembako hingga kebutuhan rumah tangga, memang silih berganti memasuki Kantor PMI Jakarta Utara. Sehingga dipastikan kebutuhan logistik untuk pengungsi tercukupi.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)