Sambut Bulan Alzheimer Dunia, Monas Jadi Ungu Sepanjang September

Rabu, 02 September 2015 - 21:35 WIB
Sambut Bulan Alzheimer Dunia, Monas Jadi Ungu Sepanjang September
Sambut Bulan Alzheimer Dunia, Monas Jadi Ungu Sepanjang September
A A A
JAKARTA - Indonesia kembali merayakan Bulan Alzheimer Dunia yang jatuh setiap September, dengan berbagai kegiatan meningkatkan awareness tentang penyakit alzheimer kepada masyarakat. Cahaya ungu yang menyinari Monumen Nasional (Monas) di malam hari, sebagai penanda dimulainya Bulan Alzheimer Dunia di Jakarta.

Ya, ungu memang merupakan warna resmi dari gerakan melawan alzheimer di dunia. Executive Director Alzheimer’s Indonesia, DY Suharya, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya. Karena telah mendukung penuh kampanye alzheimer secara konkrit.

Yakni dengan memfasilitasi berbagai kegiatan kampanye kesadaran akan penyakit Demensia Alzheimer dan berbagai tindakan untuk mengurangi risikonya sejak dini di Indonesia.

Selain lampu Monas berwarna ungu, Pemprov DKI Jakarta juga melalui komitmen dan dukungan Kepala Dinas Pajak, Agus Bambang, akan memasang informasi video 10 Gejala Alzheimer yang diputar lebih dari 30 titik LED/Videotron di DKI Jakarta sepanjang September ini.

“Kami mengapresiasi komitmen Bapak Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, yang konsisten mendukung berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran pencegahan penyakit Demensia Alzheimer sejak September 2013 hingga sekarang,” kata DY Suharya dalam siaran persnya dari Maverick yang diterima www.sindonews.com.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan dukungan melalui Dinas Pendidikan. Yang telah memasukkan materi sosialiasi gejala Alzheimer ke dalam Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

Dimana sekitar 10,000 siswa SMP, SMA, SMK di lima wilayah DKI Jakarta sejak akhir Juli lalu mendapatkan sosialisasi dan pemahaman mengenai 10 gejala Alzheimer dan berbagai tindakan untuk mengurangi risikonya sejak dini.

DY menjelaskan Peringatan Bulan Alzheimer Dunia di Jakarta akan fokus dalam dua kegiatan utama. Yaitu pada 11 September 2015, dimana Executive Director Alzheimer’s Disease International, Marc Wortmann. Akan mengunjungi langsung Balaikota DKI Jakarta, untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bapak Basuki Tjahaja Purnama. Yakni atas usahanya yang konsisten untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota ramah Demensia dan ramah lansia (age friendly city and Dementia friendly city).

Sementara kegiatan kedua adalah, Kegiatan Peduli Alzheimer #MelawanPikun! Bertempat di Monas pintu barat daya dan Car Free Day Thamrin, area Balai Kota Medan Merdeka Selatan dan sekitarnya, pada Minggu pagi 27 September 2015 mendatang.

Alzheimer’s Indonesia yang didukung Pemprov DKI serta berbagai stakeholders lainnya seperti CIMB Niaga, Maverick, UFM, Rukun Senior Living, Indonesia Sports Medicine Centre, Prodia, Eisai dan private sector peduli Alzheimer lainnya akan melakukan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, deteksi dini penyakit Alzheimer, poco-poco, senam kesegaran jasmani dan gerak latih otak bersama.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3464 seconds (0.1#10.140)