5 Bahan Sederhana di Rumah yang Bantu Anda Hilangkan Ketombe Akut

Selasa, 01 Desember 2015 - 02:25 WIB
5 Bahan Sederhana di Rumah yang Bantu Anda Hilangkan Ketombe Akut
5 Bahan Sederhana di Rumah yang Bantu Anda Hilangkan Ketombe Akut
A A A
JAKARTA - Akibat kulit kepala kering, infeksi jamur, pengaturan diet yang salah atau penyakit kulit lainnya, dapat menyebabkan ketombe dirambut yang sulit dihilangkan.

Untuk melakukan penyembuhan dari ketombe yang tak kunjung hilang, Anda dapat mencoba penggunaan bahan yang mudah ditemukan di dapur atau dikamar mandi.

Dikutip dari situs Times of India, berikut ada sejumlah bahan yang dapat menghilangkan ketombe akut seperti disarankan oleh Manoj Khanna dari Enchance Clinic:

1. Baking Soda

Basahi rambut kemudian gosokan rambut Anda dengan baking soda lalu pijat kulit kepala Anda. Bilas hingga besih dengan shampo yang ringan. Baking soda akan melawan pertumbuhan jamur yang terlalu aktif.

2. Aspirin

Asam salisilat yang terdapat dalam aspirin, adalah salah satu unsur penting dalam sejumlah shampo anti ketombe. Untuk membebaskan ketombe, hancurkan dua tablet aspirin sampai menjadi bubuk halus.

Terapkan satu sampai dua menit dan kemudian bilas hingga bersih. Untuk memaksimalkan pengobatan dengan aspirin, cuci rambut dengan shampo.

3. Obat Kumur

Obat kumur, selain menyegarkan untuk mulut, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penghilang ketombe.

Pertama, cuci rambut dengan sampo dan kemudian bilas diakhir dengan obat kumur berbasis alkohol.

Karena di dalam obat kumur jenis ini, sifat anti-jamur-nya akan menghambat pertumbuhan ketombe yang memproduksi ragi dan menyebabkan rambut berkilau.

4. Garam

Kualitas abrasif garam dapat bekerja untuk mengobati ketombe. Hanya dengan taburi garam langsung ke kulit kepala Anda.

Kemudian pijat menggunakan gerakan melingkar seperti menggunakan scrub. Treatment ini akan membersihkan kulit kepala dan bilas rambut dengan keramas.

5. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih untuk penyembuhan ketombe merupakan salah satu cara yang ampuh untuk melawan jamur yang tumbuh di kulit kepala.

Anda dapat menghancurkan bawang putih lalu dicampur dengan madu. Oleskan ke kulit kepala Anda sebelum keramas.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6165 seconds (0.1#10.140)