Spesifikasi Drone Kamikaze Rusia Zala Lancet-3, Mampu Terbang 40 Km Hancurkan Target Musuh

Selasa, 11 April 2023 - 21:47 WIB
loading...
Spesifikasi Drone Kamikaze Rusia Zala Lancet-3, Mampu Terbang 40 Km Hancurkan Target Musuh
Drone kamikaze Lancet-3 adalah varian terbesar dalam keluarga Lancet yang dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan Rusia Zala Aero Group, subdivisi dari Grup Kalashnikov. Foto/Armyrecognition
A A A
MOSKOW - Drone kamikaze Lancet-3 adalah varian terbesar dalam keluarga Lancet yang dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan Rusia Zala Aero Group, subdivisi dari Grup Kalashnikov. Zala Lancet-3 masuk kategori loitering munition karena dirancang untuk terbang ke lokasi tertentu, berkeliaran di area tersebut, dan kemudian menyerang target.

Drone Zala Lancet-3 diluncurkan pada Juni 2019 selama Forum Teknis Militer, sebuah pameran pertahanan yang diadakan di Taman Patriot di pinggiran kota Moskow. Drone Lancet adalah penerus dari amunisi berkeliaran (loitering munition) gaya sayap terbang yang pernah dikembangkan Zala sebelumnya yang disebut Kub (kubus).

Dikutip dari laman Armyrecognition, Selasa (11/4/2023), Zala Lancet-3 pertama kali melakukan operasi tempur selama perang saudara Suriah pada November 2020. Sekarang drone Zala Lancet-3 banyak digunakan oleh pasukan Rusia dalam medan perang Ukraina untuk menghancurkan peralatan militer dan kendaraan lapis baja yang disediakan oleh Amerika Serikat dan sekutunya.



Sebab, drone Zala Lancet-3 adalah senjata multiguna yang cerdas, mampu menemukan dan mengenai target secara mandiri. Peran utama drone Zala Lancet-3 untuk misi pengintaian, pengawasan, dan penyerangan.

Selama awal penerbangan, setelah diluncurkan dengan ketapel yang bisa dipasang di darat dan juga di atas kapal laut, drone dapat diarahkan dengan koordinat GPS atau secara visual. Selama bagian terminal, saat mendekati targetnya, drone dikendalikan secara manual melalui panduan elektro-optik dan unit panduan TV.

Drone Zala Lancet-3 memiliki bentuk silinder yang unik, dengan dua pasang sayap berbentuk X di bagian depan dan belakang badan pesawat. Sebagai penggerak, drone ini didukung motor listrik yang menggerakkan baling-baling dua bilah di bagian belakang.
Spesifikasi Drone Kamikaze Rusia Zala Lancet-3, Mampu Terbang 40 Km Hancurkan Target Musuh


Laman military today menuliskan untuk versi standar drone Zala Lancet-3 memiliki jangkauan maksimum 40 km dan daya tahan sekitar 40 menit. Drone bunuh diri semacam itu mampu melayang di udara dengan kecepatan 80 hingga 110 km/jam.



Namun, ketika menukik ke bawah menyerang target mampu melaju dengan kecepatan hingga 300 km/jam untuk mengenai bagian yang paling rentan. Drone Zala Lancet-3 digunakan untuk menghancurkan peralatan militer dan kendaraan lapis baja musuh.

Bobot drone Zala Lancet-3 hanya 12 kg berkat penggunaan material plastik dan komposit pada strukturnya. Drone dapat dipersenjatai dengan hulu ledak high explosive (HE) atau HE-fragmentation seberat 3 kg.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)