Diet ini Mampu Bikin Orang Tidur Lebih Nyenyak

Sabtu, 06 Februari 2016 - 20:25 WIB
Diet ini Mampu Bikin Orang Tidur Lebih Nyenyak
Diet ini Mampu Bikin Orang Tidur Lebih Nyenyak
A A A
NEW YORK - Menjalankan diet dipercaya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk mengurangi berat badan. Namun sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa diet juga bisa bantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Dilansir dari Huffingtonpost, studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada kualitas tidur.

Peneltian ini melibatkan 26 orang dewasa, 13 pria dan 13 wanita dengan usia 35 tahun. Mereka harus menghabiskan lima malam di laboratorium tidur dengan durasi 7 jam dan 35 menit.

Selama empat hari pertama, responden diberikan makan dengan menu yang terkontrol. Sementara dihari kelima, mereka bebas memilih makanan yang disuka.

Hasilnya, responden tertidur dua kali lebih cepat setelah mengonsumsi makanan yang terkontrol oleh ahli gizi. Pasalnya, makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang rendah, tinggi serat, dan tinggi akan protein.

Sedangkan saat responden mengonsumsi makanan yang tidak terkontrol, mereka tidak tidur nyenyak dan alami kesulitan tidur.

"Itu yang paling mengejutkan bahwa satu hari mengasup lemak yang lebih besar dan serat rendah dapat memengaruhi parameter tidur," papar penulis studi Marie-Pierre St-Onge dari Columbia University Institute of Human Nutrition.

Di malam terakhir, peneliti menemukan bahwa peserta yang mengalami kurang tidur akan bangun sepanjang malam.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan, responden yang mengonsumsi makanan terkontrol membutuhkan waktu sekitar 15 untuk tertidur dan 30 menit untuk mereka yang makan dengan tidak terkontrol.

"Untuk kesehatan yang optimal adalah penting untuk membuat pilihan gaya hidup yang membuat tidur lebih baik, seperti makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur," ujar presiden American Academy of Sleep Medicine, Dr Nathabiel Watson.

Para peneliti pun menyarankan untuk memasukkan makanan tinggi serat seperti beras merah, rami, kacang-kacangan, lentil, buah, dan sayuran hijau.

Mengurangi konsumsi jumlah daging, keju dan makanan yang digoreng juga bisa mengurangi lemak jenuh dan tidur lebih mudah.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan, bahwa diet kaya serat bisa membuat berat badan yang sehat, merasa kenyang lebih lama dan membuat pencernaan lebih lancar.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5785 seconds (0.1#10.140)