4 Keuntungan Peregangan Otot Sebelum dan Sesudah Olahraga

Minggu, 07 Februari 2016 - 16:25 WIB
4 Keuntungan Peregangan Otot Sebelum dan Sesudah Olahraga
4 Keuntungan Peregangan Otot Sebelum dan Sesudah Olahraga
A A A
JAKARTA - Tidak cukup dapat dikatakan tentang pentingnya peregangan yang baik sebelum dan setelah latihan, apapun itu termasuk khususnya ketika berolahraga.

Biasanya, ini adalah salah satu elemen dari latihan yang akan diabaikan, dilewati atau secara sederhana tidak diperhitungkan alias dipandang sebelah mata.

Biasanya, sebelum latihan, peregangan dapat dilihat sebagai pemanasan, sementara setelah latihan itu menjadi sebuah proses pendinginan.

Peregangan akan membuat tubuh lebih lentur dan fleksibel, sehingga lebih baik mempersiapkan untuk dampak latihan pada otot-otot Anda.

Berikut adalah sejumlah keuntungan dari melakukan peregangan baik sebelum dan sesudah latihan dalam hal ini olahraga, seperti dilansir dari situs The Times of India.

Menghangatkan pra latihan
Melatih otot-otot dingin dapat mengakibatkan cedera, dan itu menjadikannya sebagai alasan penting untuk peregangan sebagai pembuka sebelum latihan.

Peregangan untuk beberapa waktu, sampai Anda merasakan otot-otot telah panas, dari keadaan tidak aktif mereka sepanjang hari.

"Idealnya, setiap peregangan harus menargetkan otot-otot yang kita tuju, untuk nantinya terlibat selama sesi latihan tertentu. Misalnya, jika Anda berencana untuk latihan kaki, Anda dapat mengecualikan peregangan lengan hari itu," kata Manoj, seorang pelatih di gym di New Delhi, "Peregangan juga meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya memungkinkan pasokan yang tepat nutrisi ke otot-otot."

Hubungannya dengan menjamin pasokan nutrisi untuk tubuh, dijelaskan oleh Manoj, "Ketika kita berolahraga, banyak energi yang dikeluarkan, membutuhkan nutrisi untuk menjaga kita. Untuk memastikan bahwa konsumsi nutrisi ini tidak mengosongkan tabungan energi kita, meningkatkan sirkulasi darah akan membantu pasokan konstan nutrisi penting."

Peregangan adalah cara yang baik untuk memperingatkan tubuh Anda tentang latihan berat yang akan datang.

Meningkatkan fleksibilitas
Peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk latihan dan mencoba pergerakan tubuh yang kompleks.

Sederhananya, ketika Anda fleksibel, Anda dapat bergerak dengan mudah, sebagai lawan ketika otot-otot Anda kaku.

Ritual pasca latihan
"Salah satu alasan penting untuk peregangan setelah latihan adalah bahwa hal itu mengurangi kemungkinan sakit otot," kata Mohinder Pal Gupta, seorang pelatih kebugaran.

Dia menambahkan, "Asam laktat terakumulasi dalam otot kita setelah latihan, menyebabkan kelelahan. Salah satu cara untuk mengurangi dampaknya adalah dengan peregangan sehingga asam laktat rusak."

Memperbaiki otot
Sejak melakukan latihan termasuk yang melibatkan kontraksi dengan otot, ini akan meninggalkan otot dalam keadaan tertekan.

Peregangan akan membantu mengembalikan otot ke keadaan normal mereka. Latihan peregangan pasca latihan, membantu mendinginkan tubuh dan juga memperlambat denyut jantung yang meningkat selama sesi latihan.

Peregangan setelah latihan juga ikut membantu mengembalikan keseimbangan di dalam tubuh kita.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5382 seconds (0.1#10.140)