Noura Ajak Hijabers Yogya Bersyiar Lewat Syair

Selasa, 09 Februari 2016 - 08:50 WIB
Noura Ajak Hijabers Yogya Bersyiar Lewat Syair
Noura Ajak Hijabers Yogya Bersyiar Lewat Syair
A A A
YOGYAKARTA - Cuplikan lirik single lagu berjudul Cinta Sekali Saja ini terdengar begitu manis dan indah ketika didengarkan dengan seksama. Dikemas dalam genre musik pop, siapa sangka kalau lagu yang dinyanyikan oleh Noura, grup vokal berhijab asal Jakarta ini, menyimpan pesan-pesan religi didalamnya.

Tidak ingin berusaha mendikte maupun menggurui, lewat syair-syair lagu yang positif, Noura yang terdiri dari empat perempuan cantik berhijab yakni, Asyifa Sarah (Sasa), Nina Septiani (Nina), Laili Meutia (Laili), dan Ussiy Fauziah (Ussiy) itu ingin memberikan motivasi, semangat, dan mengingatkan sesama manusia akan rasa cinta kepada manusia, makhluk lain, maupun Sang Pencipta.

Ini pula yang berusaha ingin ditularkan mereka kepada para hijabers di Indonesia khususnya Yogyakarta. Melalui musik dan karakter vokal yang berbeda, namun dengan lirik lagu yang ringan, simpel, namun mendalam, para personel Noura yang mengawali karier sebagai model muslimah ini memiliki visi misi bersyiar dalam syair. Namun dengan tema-tema lagu yang universal.

"Konsep musik (kami) satu visi yakni syiar dengan syair lewat lagu atau lirik. Bukan (lagu) galau, tapi bangkitkan semangat, nggak full religi dan banyak sisipkan hal positif. Seperti dalam single lagu sebelumnya, Kekasih Halalmu, yang nggak berusaha menggurui tapi mengingatkan, sama halnya dengan Cinta Sekali Saja untuk Allah SWT dan semuanya," ujar Ussiy kepada wartawan di Yogyakarta belum lama ini.

Di dunia musik Indonesia, Noura bisa dibilang memberikan warna tersendiri. Pasalnya grup vokal berhijab seperti Noura masih terbilang jarang di Indonesia.

Meski demikian, sebelumnya sudah ada Fatin Sidqia, penyanyi solo jebolan The X-Factor Indonesia pertama, yang mulai mempopulerkan keberadaan penyanyi berhijab. Tak hanya dari sisi itu saja, musik dari Fatin dan musisi Maher Zein pun turut menginspirasi Noura dalam hal bermusik.

"Kami semua kayak jodoh sih ketemunya, walaupun berbeda karakter tapi sama-sama suka nyanyi dan punya visi & misi yang sama. Karena kami mengusung genre musik pop dan menggunakan hijab. Makanya kami dijuluki Hi-Pop (Hijabers Pop)," jelasnya.

Sebelumnya sudah dua single dirilis oleh Noura. Yakni single perdana yang berjudul Kekasih Halalmu (The Only One) dan sebuah lagu remake karya band Ungu yang berjudul Andai Ku Tahu. Kini Noura hadir kembali merilis single terbarunya yang berjudul Cinta Sekali Saja.

Lagu yang diciptakan dengan melodi yang ringan dan lirik yang romantis oleh musisi muda Frans Maynard Simanjutak ini, bercerita tentang mencintai seseorang yang sejatinya hanya mencintai sekali dalam seumur hidup.

Diakuinya, tidak banyak kesulitan yang ditemui oleh grup vokal asuhan Trinity Optima Production ini selama proses rekaman lagu tersebut. Bahkan proses pembuatannya pun bisa dibilang singkat.

Secara aransemen musik, lagu ini pun dikemas dengan manis dan rapi oleh Ari Aru Renaldi, seorang music director handal yang pernah menggarap beberapa artis besar Indonesia seperti Tulus, Vidi Aldiano, Ungu, dan lainnya. Ditambah dengan harmonisasi vokal personel Noura yang apik, membuat lagu ini pun terdengar indah di telinga.

"Lagu ini seperti menjawab lagu single kita yang sebelumnya, Kekasih Halalmu, yang menemukan cinta satu kali dalam hidup, yaitu kekasih halal itu tadi," kata Nina.

Usai Cinta Sekali Saja, dalam waktu dekat grup vokal yang berdiri sejak 2 Februari 2014 ini juga akan mengeluarkan single lagu berikutnya yang berjudul Katakan Lakukan. Yang dinilai mereka berempat, berbeda dengan single-single sebelumnya yang identik dengan nuansa akustik.

Dikemukakan, single ini bakal mengusung nuansa pop era tahun 1980-an. Untuk diketahui, secara filosofi nama Noura sendiri diambil dari bahasa Arab yakni Nur yang berarti cahaya dan Nawroh yang memiliki arti merekah.

"Secepatnya (keluarkan) mini album dalam waktu dekat, usai keluarkan beberapa single. Dalam mini album nantinya akan ada 4-6 lagu. Ini mau single keempat dan tantangan kita selama ini lebih ke lagu dengan lirik positif, yang cocok dengan Noura bergenre pop religi. Kami berharap Noura bisa diterima di masyarakat dengan lebih baik lagi dan terus konsisten berbagi kebaikan dan mengajak banyak teman-teman untuk ikut menunjukkan kemampuan bahwa wanita-wanita muslimah itu bisa berkarya loh," imbuh Sasa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5065 seconds (0.1#10.140)