Srihadi Soedarsono Gelar Pameran Tunggal di Galeri Nasional Indonesia

Kamis, 11 Februari 2016 - 23:30 WIB
Srihadi Soedarsono Gelar Pameran Tunggal di Galeri Nasional Indonesia
Srihadi Soedarsono Gelar Pameran Tunggal di Galeri Nasional Indonesia
A A A
JAKARTA - Srihadi Soedarsono kembali menggelar pameran tunggalnya dengan tajuk 70 Tahun Rentang Kembara Roso. Pameran ini akan berlangsung pada tanggal 11—24 Februari 2016 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia.

Kurator pameran tunggal Rikrik Kusmara M.Sn mengatakan tema Rentang Kembara Roso diambil untuk menentukan obyek artistik yang dicampur. Pameran ini juga akan memperkenalkan karya intelektual.

"Karya-karya Srihadi Soedarsono dapat dilihat pada aspek roso yang jadi titik sentral, bagaiaman dengan roso seorang Srihadi Soedarsono menentukan obyek artistikr dengan kebenaran yang ia lihat menjadi lukisan dan pameran ini menunjukkan Journey Of Roso seorang maestro Srihadi Soedarsono secara intelektual selain dipandang atas nilai artistik," ujar Rikrik di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Menurut Rikrik, pameran itu akan menampilkan 450 karya dengan 347 diantaranya telah dibingkai. Karya ini sudah termasuk cat air, sketsa, drawing, dimana ada 7 lukisan diatas Kanvas.

"Setelah mencoba menyusun sejumlah karya, terkumpul dari bulan kebulan. Total karya dari sketsa, drawing, cat, ini ada 450 karya yang terbungkus 347 frame," kata dia.

Sementara, Srihadi mengatakan karyanya ini menceritakan mengenai sejarah karirnya. Sebagai seniman, dirinya merasa harus bisa mengenalkan karyanya untuk menjadi inspirasi bagi penerus seni rupa Indonesia.

"Kertas-kertas itu sangat berharga bagi saya sendiri, karari sejarah karir saya sebagai seniman. Saya berupaya menyimpan karya-karya kertas sebaik mungkin untuk generasi penerus seni rupa Indonesia," tutur dia.

Selain menggelar pameran tunggal, Srihadi juga meluncurkan sebuah buku. Buku yang berjudul 70 Years Journey Of Roso itu ditulis Dra Farida Srihadi dan DR A Rikrik Kusmara M.Sn.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7634 seconds (0.1#10.140)