Surat Cinta untuk Kartini, Kisah Sejarah Berbalut Romansa

Senin, 11 April 2016 - 21:29 WIB
Surat Cinta untuk Kartini, Kisah Sejarah Berbalut Romansa
Surat Cinta untuk Kartini, Kisah Sejarah Berbalut Romansa
A A A
JAKARTA - Film bertemakan sejarah dari MNC Pictures akan segera hadir di layar lebar. Film yang berjudul Surat Cinta untuk Kartini ini merupakan hasil kolaborasi sutradara Azhar “Kinoi” Lubis dengan ide cerita oleh Toha Essa dan Fatmaningsih Bustamar serta seluruh kru dan pemain.

Pada Senin (11/4/2016), film ini menggelar press screening di kawasan Kuningan, Jakarta. Acara ini dihadiri seluruh kru dan pemain film tersebut.

Dalam kesempatan itu, sebagai sutradara, Azhar Lubis, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir. “Film ini benar-benar sesuatu yang jalannya panjang sekali, dari tahun kemarin. Ini merupakan kolaborasi saya dengan teman-teman pemain dan seluruh kru sehingga film ini dapat menjadi begitu indah," papar Azhar ketika ditemui di acara temu media Surat Cinta untuk Kartini di bilangan Kuningan, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Film garapan MNC Pictures ini juga diharapkan akan membawa khazanah baru di dunia perfilman Indonesia. Meksipun diangkat dari cerita sejarah, kisah di dalam film ini adalah fiktif.

"Ini adalah film pertama sekaligus pemula di tahun 2016 dari MNC Pictures. Melalui film Surat Cinta untuk Kartini ini kami ingin menghadirkan sesuatu yang baru, yakni cerita sejarah RA Kartini dari sudut pandang orang ketiga, yakni tukang pengantar surat. Melalui film ini kami juga ingin mengembangkan film Indonesia. Bangga film Indonesia!" tutur produser eksekutif MNC Pictures, Affandi Abdul Rachman.

Bagi Chicco Jerikho, aktor utama film ini, Surat Cinta untuk Kartini adalah sesuatu yang cukup menantang baginya. Di film ini, dia berperan sebagai Sarwadi, tukang pos yang jatuh cinta pada Kartini.

"Sebelum mulai syuting saya sudah menginap seminggu di desa tersebut, saya mendalami peran dengan naik sepeda onthel keliling desa sambil nembang, ngobrol dengan penduduk desa, membiasakan untuk tidak mandi dan tidak memakai sendal. Pemilihan karakter Kartini waktu itu sempat workshop sama empat Kartini lainnya tapi akhirnya terpilih Rania. Rania yang paling nggak protes karena gue nggak mandi," beber dia.

Sebagai aktris pendatang baru, film Surat Cinta untuk Kartini merupakan film pertama bagi Rania Putrisari. Meski tergolong baru, tapi Rania berhasil menempatkan diri untuk memerankan Kartini, tokoh utama film ini.

"Sebenarnya bukan kesulitan sih tapi lebih ke tantangan. Awalnya saya searching tentang Kartini, karena saya harus tau budaya Jawa, tata krama Jawa zaman dahulu seperti apa. Tapi selama proses syuting saya juga dampingin sama yang memang tahu adat Jawa jadi kalau ada salah pasti harus langsung diulang," ujar Rania.

Surat Cinta untuk Kartini menceritakan tentang sosok seorang pengantar surat bernama Sarwadi yang begitu mengidolakan RA Kartini yang merupakan anak dari bupati Jepara dari golongan ningrat Jawa. Kartini memiliki misi dalam hidupnya untuk membuat perempuan Jawa pintar sehingga dia mulai mengajar anak-anak perempuan yang tinggal disekitar desa. Kegigihan Kartini untuk mencerdaskan perempuan Jawa ini semakin membuat Sarwadi kagum dan jatuh hati. Film ini dapat Anda saksikan di bioskop mulai tanggal 21 April 2016.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)