9 Hal ini Mesti Kamu Ketahui bagi yang Masih Belum Suka Kpop

Senin, 09 Mei 2016 - 06:01 WIB
9 Hal ini Mesti Kamu Ketahui bagi yang Masih Belum Suka Kpop
9 Hal ini Mesti Kamu Ketahui bagi yang Masih Belum Suka Kpop
A A A
SEOUL - Pernah bertanya-tanya apa itu K-pop dan semua tentangnya? Bahkan jika Anda tidak tahu pop Korea (atau lebih dikenal K-pop), tidak ada keraguan Anda mungkin pernah mendengar Gangnam Style dari Psy pada tahun 2012.

Dengan 1 miliar viewers dan hits viral, Psy menjadi sensasi global dan mendorong industri musik Korea Selatan menjadi sorotan.

Jadi, jika Anda bosan mendengar musik lama yang sama di radio setiap hari, dan mencari sesuatu yang baru dan menarik untuk mendengarkan. Anda bisa memeriksa sebuah keceriaan, kecerahan musik inovatif dari tetangga Asia kita tersebut.

Tidak yakin dari mana untuk memulainya? Coba, ini tips dari situs marie claire Inggris, bagi yang ingin melihat panduan mengenal K-po dan budaya K-pop sebagai ekspor terbesar Korea Selatan, selain juga cerita drama mereka yang juga tersohor.

Apa itu K-Pop?
Istilah yang diberikan untuk musik Korea Selatan pop, pop Korea (atau K-pop, seperti yang kita tahu itu) adalah genre musik dan subkultur yang telah berkembang di Asia Timur sejak tahun 90-an.

Mengintegrasikan pengaruh Barat dengan selera budaya Korea Selatan, musik K-pop umumnya mengacu pada fusi menari, fashion dan musik untuk membuat suara yang mewakili Korea Selatan, serta hanya menjadi benar-benar hebat untuk mendengarkan.

Siapa Artisnya?
Tidak seperti artis barat, yang menjadi populer melalui kerja keras, koneksi dan kekuatan semata kehendak, bintang K-pop (atau 'idola' sebagaimana mereka dengan penuh kasih disebut di sana) dikembangkan melalui sistem pelatihan yang ketat, di mana mereka harus melewati audisi, berlatih keras selama beberapa tahun dan kemudian harus melakukan 'debutnya' di bawah agen. JYP, SM dan YG Entertainment mewakili tiga agensi hiburan terbesar di Negeri Ginseng.

Dilatih, apakah itu?
Kelihatannya agak aneh, tapi Korea Selatan percaya bahwa penyanyi tidak ditemukan, melainkan diciptakan. Lembaga negara bertindak lebih seperti seorang majikan dari agen, menyediakan akomodasi, makanan dan pelajaran bernyanyi, menari, akting dan media pelatihan sebelum seniman melakoni 'debutnya' di depan publik.

Semua lirik lagunya dalam bahasa Korea, bagaimana saya bisa memahaminya?
Anda tidak perlu itu! Itulah yang membuat K-pop yang besar. Visual, musik dan koreografi yang begitu menular, Anda bahkan tidak perlu memahami liriknya. Percayalah pada kami. Dan bagian yang terbaik? Korea suka memasukkan Bahasa Inggris ke lagu-lagu mereka, yang berarti Anda selalu dapat bernyanyi bersama paduan suara. Itulah yang kita juga bisa lakukan.

Apakah Korea Konservatif?
Iya nih. Tidak seperti pasar barat, bintang K-pop tidak boleh terlalu provokatif secara seksual dalam musik dan penampilan mereka. Ketika sesuatu yang dianggap terlalu agak bersifat cabul, para idola di sana biasanya harus mengulang lirik dan koreografinya untuk menenangkan standar televisi dan dapat mempromosikan lagu.

Mengapa ada begitu banyak grup dan anggota dalam grup Kpop?
Sementara boy band dan girl grup telah pergi dari masa keemasannya di dunia barat - Little Mix dan One Direction adalah pengecualian langka. Mereka pada dasarnya jadi norma di Korea Selatan. Dengan semua instansi uang dibelanjakan pada pelatihan dan pemasaran, memiliki kelompok besar dengan beberapa anggota memungkinkan penggemar punya sejumlah idola pilihan dan tidak terobsesi dengan satu orang idola, ini akan bagus jika salah satu personel grup Kpop ada yang memutuskan keluar.

Contoh kasusnya terjadi pada EXO, boy band paling populer di Korea Selatan ini memiliki 12 anggota ketika mereka pertama kali memulai debutnya. Ketika tiga personel mereka undur diri setahun kemudian karena kondisi kerja yang buruk, popularitas grup tersebut tidak menderita. Pada 2015, mereka bahkan meraih rekor penjualan terbesar yang pernah tercatat oleh sebuah grup K-pop.

Ini Semua Tentang Koreografi
Tari Bye Bye Bye dari N*Sync mungkin menjadi sebuah kenangan, tapi di Korea Selatan, tarian rumit adalah roti dan mentega dari kelompok K-pop. Dengan semakin banyak seniman menjenuhkan pasar, rutinitas tarian yang dikenali dan dapat dicontoh penggemar diperlukan untuk setiap artis yang ingin masuk dalam daftar teratas (A-list).

Mengapa saya tidak Mendengar K-Pop di Radio?
Pertanyaan bagus. Dan itu salah satu kita bertanya setiap hari. Meskipun kami tidak yakin mengapa K-pop tidak dimainkan di Inggris, mungkin tidak ada artis K-pop yang saat ini masuk ke label UK, sehingga lebih sulit bagi mereka untuk merilis musik nasional di sana. Sebaliknya, para idola fokus pada merilis musik di sekitar Asia, dengan China, Jepang dan Thailand menjadi pasar keuangan utama mereka.

A-List Adalah Fans
Dari kegilaan fans atas penampilan CL di MAMA (acara sejenis Grammy Awardnya Korea) hingga Karl Lagerfeld mengundang Big Bang G-Dragon untuk melenggang di runway fashion show dengan busana dari Chanel, K-pop adalah perlahan tapi pasti membuat gelombang di kolam dan menjadi bagian integral dari globalisasi musik. Bahkan Emma Stone adalah penggemar Kpop juga.

Selain Psy, K-pop memang belum benar-benar meretakkan pasar musik di dunia Barat, dengan K-pop masih dianggap subkultur daripada gerakan nyata. Tapi Korea Selatan telah melihat itu dalam pandangan mereka untuk menembus pasar Amerika, dan apakah itu harapan terbaik? Ah, lihat saja tur konser dunia kedua EXO yang begitu luar biasa di AS dan Kanada awal 2016.

Dilihat dari Instagram resmi Chaelin Lee (CL) dari girl grup 2NE1, dia bekerja sama dengan manajer Justin Bieber, Scooter Braun untuk album solo pertamanya yang akan dirilis di AS pada tahun 2016. Dengan Hello Bitches yang dirilis sebagai single pertamanya, dan Jeremy Scott menghitung sebagai salah satu sahabatnya, CL sudah dalam jalur bagus untuk menjadi hal besar Kpop berikutnya. Kita sudah tidak sabar menunggu itu.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3002 seconds (0.1#10.140)