3 Keuntungan Utama Menggunakan Lampu LED di Rumah

Selasa, 30 Mei 2023 - 09:37 WIB
loading...
3 Keuntungan Utama Menggunakan Lampu LED di Rumah
Banyak masyarakat yang mengganti lampu bohlam dengan lampu LED, salah satu faktornya karena memiliki usia pakai yang lebih efisien dibandingkan lampu bohlam. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Lampu LED (Light Emitting Diode) banyak diminati masyarakat belakangan ini. Tak jarang, banyak dari mereka yang mengganti lampu bohlam dengan lampu LED. Salah satu faktornya karena dikenal memiliki usia pakai yang lebih efisien dibandingkan lampu bohlam.

Lampu LED memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju yang dapat digolongkan sebagai transduser yang berperan untuk mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Selain itu, masih ada banyak keuntungan lain jika Anda menggunakan lampu tersebut.

Sederet keuntungan kalau Anda menggunakan lampu LED

Aman dan ramah lingkungan

Lampu LED membutuhkan daya listrik yang lebih kecil sehingga energi yang diperlukan menjadi lebih rendah, serta tidak dibekali dengan kandungan merkuri sebagai bahan kimia yang berbahaya.

Dalam artian, jika lampu LED mati dan hendak dibuang, tidak akan mengontaminasi lingkungan. Lampu LED pun dapat menciptakan penerangan menyeluruh dan fokus, sehingga lampu ini tidak akan mengganggu kesehatan mata dibanding lampu pijar.

Efisiensi listrik lebih baik

Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon. Beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt.

Hemat energi = hemat uang!

Lampu LED memiliki daya yang menghabiskan 90% listrik lebih rendah daripada lampu bohlam atau lampu lainnya. Lampu ini juga menghasilkan panas yang lebih rendah dan dapat mengurangi temperatur dalam rumah dan mengurangi beban dan air conditioner.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)