Isuzu Siap Pindahkan Pabrik Truk dari Thailand ke Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 - 20:35 WIB
loading...
Isuzu Siap Pindahkan Pabrik Truk dari Thailand ke Indonesia
Isuzu Motors menyatakan kesiapannya memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita membawa kabar baik dari kunjungannya ke Jepang. Isuzu Motors menyatakan kesiapannya memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia mulai berproduksi pada 2024 mendatang.

"Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik," ujar Menperin dalam siaran pers, Rabu (7/6/2023).



Dia mengatakan pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85%. Adapun produksi tahun 2022 sebesar 44.694 unit, atau 15% dari total produksi Isuzu di seluruh dunia.

Agus berharap Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen di dalam negeri pada proses perakitan, salah satunya dengan mendorong jenis kendaraan yang masih dirakit menggunakan skema importasi Completely Knocked Down (CKD) agar diubah menjadi Incompletely Knocked Down (IKD).

Sedangkan untuk kendaraan yang sudah dirakit melalui skema importasi IKD, agar dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negerinya. "Kami juga mendorong Isuzu untuk dapat memperluas pasar ekspor, khususnya ke Afrika," tambahnya.



Sementara, Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima mengatakan, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Isuzu, baik sebagai pasar maupun pusat produksi kendaraannya. Isuzu akan berupaya meningkatkan ekspornya hingga ke 150 negara.

"Dengan dimulainya produksi UD Trucks di tahun 2024, Isuzu akan memerlukan tenaga kerja tambahan," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)