Uniknya Pisang Goreng Rasa Pedas

Minggu, 31 Juli 2016 - 07:02 WIB
Uniknya Pisang Goreng Rasa Pedas
Uniknya Pisang Goreng Rasa Pedas
A A A
BANDUNG - Umumnya, pisang goreng itu manis. Selain dasar buahnya yang manis, adonannya pun menggunakan gula. Tapi apa jadinya jika pisang goreng memiliki rasa pedas?

Jarang-jarang memang, pisang goreng menjadi camilan dengan rasa pedas. Untuk menikmatinya, Anda bisa berkunjung ke Bandung. Olahan ini tercetus dari Executive Chef Mercure Bandung Danny Darmawan.

Dimulai dengan membuat olahan pisang goreng yang disandingkan dengan sambal pedas asam. Inspirasi ini datang dari dua wilayah yang terkenal dengan pisang dan sambalnya, yaitu Manado dan Pontianak.

“Sambalnya sendiri saya buat berbeda karena di daerah tersebut biasanya menggunakan sambal roa,” kata Danny.

Pisang goring pedas ini dinamakan Banana Chili Fritter, pisang goreng yang dibalut tepung roti.Untuk membuatnya pun cukup mudah. Prosesnya hampir sama, pisang digoreng hingga berwarna kekuningan sampai tekstur goreng pisang renyah.

Namun, hal yang membuat spesial adalah sambalnya yang diolah dari bahan, seperti tomat, cabai rawit merah dan bumbu rahasia hingga menghasilkan perpaduan manis, pedas, asam, gurih.

Meskipun tampilannya sederhana, tapi siapa sangka, rasa renyah pisang yang dicocol dengan sambal asam pedas ini menciptakan sensasi rasa yang lezat, sekaligus unik karena secara bersamaan terasa pedas di lidah.

Danny memang kerap berinovasi dalam hal kuliner. Salah satu pencapaian terbaiknya ketika memenangkan kompetisi masakan Nusantara, mewakili kedutaan besar Indonesia di New Zealand, di mana dia menjadi salah satu chef spesial sajian Nusantara.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9410 seconds (0.1#10.140)