Tips MotionTrade: 3 Keuntungan Fixed Rate Coupon dalam Obligasi

Senin, 19 Juni 2023 - 12:03 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 3 Keuntungan Fixed Rate Coupon dalam Obligasi
MNC Sekuritas menyediakan beragam produk investasi untuk investor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Setiap instrumen investasi tentu menawarkan imbal hasil pada investornya dalam bentuk yang beragam. Sebagai contoh, investasi obligasi/surat utang menawarkan imbal hasil berupa kupon yang tetap. Kupon tetap (fixed rate coupon) merupakan pembayaran bunga tetap yang dibayarkan secara berkala kepada pemegang obligasi selama jangka waktu yang ditentukan. Berikut ini merupakan 3 (tiga) keuntungan berinvestasi obligasi yang menawarkan fixed rate coupon, seperti:

1. Stabilitas
Fixed rate coupun dapat memberikan stabilitas pada portofolio investasi Anda karena jumlah bunga yang dibayarkan tidak berubah hingga jatuh tempo obligasi. Oleh sebab itu, Anda dapat dengan mudah memperkirakan pendapatan yang akan diterima hingga akhir jatuh tempo obligasi. Sebagai contoh simulasi, Anda berinvestasi dengan modal sebesar Rp5.000.000 pada obligasi yang menawarkan imbal hasil sebesar 11,25% per tahun. Maka perhitungannya adalah Rp 5.000.000 x 11,25% = Rp562.500 atau sebesar Rp506.250 setelah dipotong pajak. Jika bunga obligasi dibayar setiap tiga bulan, maka Anda memperoleh kupon tetap Rp126.562 setiap triwulannya.

2. Alternatif Passive Income
Investasi obligasi bisa menjadi alternatif cara untuk memperoleh passive income. Di masa penawaran, Anda bisa mengalokasikan sebagian penghasilan untuk membeli obligasi. Lalu, Anda akan menerima kupon secara tetap. Periode pembayaran kupon dapat berbeda-beda untuk setiap jenis obligasi. Ada beberapa obligasi yang periode pembagian kuponnya setiap bulan, ada juga yang setiap 3 bulan (triwulan) atau setiap 6 bulan (semester). Berbeda dengan instrumen deposito yang memberikan bunga saat sudah jatuh tempo, obligasi memberikan passive income yang lebih rutin sesuai periode pembayaran kupon yang ditetapkan karena bunganya dapat Anda peroleh sebelum obligasi tersebut jatuh tempo.

3. Risiko Relatif Rendah dan Mudah dipahami
Obligasi memiliki risiko relatif rendah dibandingkan dengan instrumen investasi seperti saham yang mengalami fluktuasi harga. Meskipun obligasi dapat diperjualbelikan di pasar sekunder untuk memperoleh tambahan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli selain keuntungan dari kupon, Anda tetap bisa memperoleh imbal hasil tetap tanpa perlu khawatir adanya perbedaan/selisih harga pasar obligasi jika Anda hold obligasi yang Anda miliki hingga tanggal jatuh tempo. Karena segala kemudahan inilah, investasi di obligasi yang memberikan kupon tetap juga sangat mudah dipahami sehingga cocok untuk investor pemula.

Tertarik untuk berinvestasi di obligasi? Jangan lewatkan penawaran Obligasi Berkelanjutan III MNC Kapital Indonesia (BCAP) Tahap II Tahun 2023 dengan kupon sebesar 10,75% per tahun untuk tenor 370 hari kalender dan kupon sebesar 11,25% per tahun untuk tenor 3 tahun. Pemesanan minimum Rp5 juta atau kelipatan hingga tanggal 23 Juni 2023. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses link bit.ly/obligasibcap2023 .

Jangan lewatkan juga masa bookbuilding Obligasi & Sukuk Ijarah Berkelanjutan IV Global Mediacom (BMTR) Tahap I Tahun 2023 dengan kisaran kupon sebesar 8,75%-9,25% untuk tenor 370 hari kalender, 9,75%-10,25% untuk tenor 3 tahun, dan 10,75%-11,25% untuk tenor 5 tahun. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses link bit.ly/obligasibmtr2023 .



Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)