Helikopter Rusia Ka-52 Terbang Tanpa Ekor, Bukti Ketangguhan Desain Rotor Koaksial

Rabu, 21 Juni 2023 - 22:32 WIB
loading...
Helikopter Rusia Ka-52 Terbang Tanpa Ekor, Bukti Ketangguhan Desain Rotor Koaksial
Satu unit helikopter Ka-52 Alligator terekam masih mampu terbang kembali ke pangkalan tanpa ekor setelah dihantam rudal musuh. Foto/The War Zone
A A A
MOSKOW - Penggunaan desain rotor koaksial pada helikopterserbu Rusia , Kamov Ka-52 Alligator, terbukti memberikan keuntungan dalam kondisi kritis di medan perang. Satu unit helikopter Ka-52 Alligator terekam masih mampu terbang kembali ke pangkalan tanpa ekor setelah dihantam rudal musuh.

Dalam sebuah video yang mulai beredar di media sosial dan ditampilkan dalam laman The War Zone memperlihatkan satu unit helikopter Ka-52 Alligator terbang pada ketinggian yang relatif rendah, dengan ekor yang terkoyak. Tampak sisa-sisa sirip vertikalnya menjuntai terhuyung dari belakang.

“Video tersebut tampaknya diambil dari kokpit wingman Ka-52, atau helikopter lain yang menyertainya. Kami tidak dapat memastikan di mana video itu diambil, atau kapan, tampaknya di tenggara Ukraina,” tulis laman The War Zone, dikutip SINDOnews, Rabu (21/6/2023).



Selain ekor yang rusak, beberapa muatan seperti tangki bahan bakar eksternal terlihat jatuh atau sengaja dibuang awak helikopter Ka-52 agar bisa tetap terbang. Bagian depan helikopter tampak juga rusak, kaca depan robek, atau setidaknya beberapa bagian badan depan juga tampak hilang.

Secara keseluruhan, tampaknya helikopter Ka-52 Alligator menjadi korban serangan rudal pertahanan udara Ukraina. Setelah mendarat tampak kerusakan parah pada bagian empennage (ekor pesawat) yang berputar hingga lebih dari 90 derajat tetapi tetap terpasang.

Rudal tampak berhasil mengenai bagian helikopter Ka-52 Alligator, meskipun rusak parah helikopter ini masih bertahan terbang dan kembali ke pangkalan dengan selamat. Dari rekaman video terlihat salah satu alasan helikopter Ka-52 Alligator masih dapat terbang meskipun bagian ekornya rusak parah, berkat desain rotor koaksial yang digunakan.

Desain rotor koaksial (Coaxial rotors atau coax rotors) merupakan fitur unik yang terlihat jelas pada helikopter Ka-52 Alligator. Fitur ini membedakan Ka-52 Alligator dengan helikopter konvensional lainnya yang biasa menggunakan satu rotor.



Rotor koaksial adalah sepasang rotor helikopter yang tersusun satu di atas yang lain pada poros konsentris, dengan sumbu rotasi yang sama. Namun, putaran kedua rotor berbeda arah atau berlawan (kontra-rotasi).
Helikopter Rusia Ka-52 Terbang Tanpa Ekor, Bukti Ketangguhan Desain Rotor Koaksial

Dua helikopter Rusia Mi-28 Havoc dengan desain rotor konvensional dilengkapi rotor ekor (atas) dan Ka-52 Alligator dengan desain rotor koaksial (bawah). Foto/Military equipment

Desain rotor koaksial membuat helikopter Ka-52 Alligator tidak memerlukan rotor pada ekor (tail rotor) untuk menjaga keseimbangan saat terbang. Berbeda dengan helikopter konvensional dengan sistem main rotor yang membutuhkan rotor ekor agar badan pesawat tidak ikut berputar.

Konfigurasi rotor koaksial adalah fitur khas dari helikopter yang diproduksi oleh biro desain helikopter Rusia Kamov. “Dua awak helikopter serang (Ka-52 Alligator) harus berterima kasih atas desain pesawat mereka,” tulis The War Zone.

Helikopter Ka-52 Alligator juga memiliki fitur survivabilitas yang tidak biasa lainnya, termasuk sistem penyelamatan kru. Helikopter serang Rusia ini dibekali kursi lontar agar kedua pilotnya bisa menyelamatkan diri dalam kondisi kritis.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)