9 Stasiun KRL di Jakarta Selatan, Nomor 3 Paling Dekat dengan Ragunan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 04:38 WIB
loading...
9 Stasiun KRL di Jakarta Selatan, Nomor 3 Paling Dekat dengan Ragunan
Stasiun Lenteng Agung, salah satu stasiun di kawasan Jakarta Selatan. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie
A A A
JAKARTA - Sembilan stasiun KRL di Jakarta Selatan akan diulas di artikel ini. Salah satu stasiun tersebut merupakan stasiun terdekat dengan Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Lebih dari 20 stasiun dilintasi oleh KRL Commuter Line Bogor-Jakarta maupun sebaliknya, Jakarta-Bogor. Sebanyak delapan di antaranya berada di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara, di lintasan Tanah Abang-Rangkasbitung, ada satu stasiun terletak di kawasan Jakarta Selatan, yakni Stasiun Kebayoran.

Stasiun KRL di Jakarta Selatan

Berikut ini SINDOnews tampilkan ulasan singkat sembilan stasiun KRL di Jakarta Selatan.

1. Stasiun Universitas Pancasila


Stasiun Universitas Pancasila terletak di Jalan Lenteng Agung Timur, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Stasiun ini tepat berada di depan Universitas Pancasila. Dikutip dari laman heritage.kai.id, stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta dan merupakan stasiun KA paling selatan di DKI Jakarta.

2. Stasiun Lenteng Agung

9 Stasiun KRL di Jakarta Selatan, Nomor 3 Paling Dekat dengan Ragunan

Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie

Stasiun Lenteng Agung merupakan stasiun kereta api yang berada di Jalan Lenteng Agung Timur, Lenteng Agung, Jagakarsa. Stasiun Lenteng Agung berada di bawah naungan PT KAI Daop 1 Jakarta. Stasiun ini melayani perjalanan KRL Commuter Line dari Bogor menuju Jakarta maupun sebaliknya.

3. Stasiun Tanjung Barat


Stasiun Tanjung Barat (TNT) merupakan stasiun kereta api di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +37 m dpl ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini juga merupakan stasiun terdekat dengan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), jika dibandingkan dengan stasiun di Jakarta Selatan lainnya.

4. Stasiun Pasar Minggu

9 Stasiun KRL di Jakarta Selatan, Nomor 3 Paling Dekat dengan Ragunan

Suasana di Stasiun Pasar Minggu. Foto/Dok SINDOnews

Stasiun Pasar Minggu merupakan stasiun kereta api di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. Di seberang stasiun ini terdapat pusat perbelanjaan dan juga pasar tradisional. Selain itu, stasiun ini juga berseberangan dengan Terminal Pasar Minggu.

5. Stasiun Pasar Minggu Baru


Stasiun Pasar Minggu Baru merupakan stasiun kereta api yang terletak di perbatasan Kecamatan Pancoran dan Kecamatan Pasar Minggu, tepatnya di Kelurahan Pancoran dengan Pejaten Timur. Stasiun yang terletak pada ketingian +29 m ini berada di Daerah Operasi I Jakarta.

6. Stasiun Duren Kalibata


Stasiun Duren Kalibata merupakan stasiun kereta api yang berada di Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +26 m ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini berdekatan dengan sejumlah pusat perbelanjaan, Kompleks Perumahan Anggota DPR RI, dan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

7. Stasiun Cawang


Stasiun Cawang merupakan stasiun kereta api yang terletak di perbatasan Kelurahan Kebon Baru dan Tebet Timur, Tebet, Jakarta Selatan. Terletak pada ketinggian +13,6 m, stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta.

Untuk diketahui, stasiun ini diberi nama Cawang karena terletak dekat dengan Jembatan Layang Cawang. Jalan Tol MT Haryono melintang tepat di selatan stasiun ini. Dari stasiun ini terdapat tangga yang menghubungkan dengan Halte Busway Cikoko Stasiun Cawang (Koridor 9) yang berada di Jalan Tol MT Haryono.

8. Stasiun Manggarai

9 Stasiun KRL di Jakarta Selatan, Nomor 3 Paling Dekat dengan Ragunan

Petugas di Stasiun Manggarai mengarahkan para penumpang KRL Commuter Line. Foto/Dok MPI

Stasiun Manggarai merupakan stasiun dengan lalu lintas kereta api tersibuk di Indonesia. Stasiun ini melayani perhentian KRL Commuter Line tujuan Jakarta Kota, Bogor, Tanah Abang, dan Bekasi.

Stasiun transit yang ramai saat jam berangkat dan pulang kerja ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dengan nomor registrasi RNCB.19990112.04.000470 berdasarkan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor: PM.13/PW.007/MKP/05, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 011/M/1999 dan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 Tahun 1993.

9. Stasiun Kebayoran


Stasiun Kebayoran, lebih dikenal sebagai Stasiun Kebayoran Lama, merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Stasiun ini berada di jalur kereta api Tanahabang-Merak. Stasiun yang berdiri sejak akhir abad 18 ini juga berdekatan dengan Pasar Kebayoran Lama.

Demikian ulasan tentang sembilan stasiun KRL di Jakarta Selatan. Semoga informasi ini bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)