Keistimewaan Tongseng untuk Menu Hari Raya Idul Adha

Rabu, 31 Agustus 2016 - 02:23 WIB
Keistimewaan Tongseng untuk Menu Hari Raya Idul Adha
Keistimewaan Tongseng untuk Menu Hari Raya Idul Adha
A A A
JAKARTA - Tidak banyak yang tahu bahwa tongseng memiliki kisah panjang yang mencerminkan kekayaan sejarah kuliner Nusantara. Pengamat kuliner Arie Parikesit menjelaskan, cikal bakal hidangan Tongseng dipercaya berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali.

“Dulunya, masyarakat kecamatan Klego mencari nafkah dengan bertani, namun ternyata mata pencaharian ini belum dapat mencukupi kebutuhan mereka. Akhirnya mereka beralih profesi ke menjual sate dan tongseng sampai sekarang,” kata Arie di Cikini, Jakarta (30/8/2016).

“Dan bahkan kita bisa menemukan Patung Sate Tongseng yang menunjukkan kebanggaan masyarakat Klego pada hidangan otentik ini. Sejalan dengan waktu dan perpindahan penduduk kecamatan Klego ke wilayah-wilayah lain di Indonesia, akhirnya hidangan ini mulai bermunculan dan tersebar di berbagai tempat di Pulau Jawa dan sekitarnya dengan penyajian yang beragam karena telah dimodifikasi namun dengan citarasa otentik,” tambahnya.

Untuk melestarikan kuliner tongseng ini, Bango, kecap produksi PT Unilever Indonesia, Tbk kembali menunjukan komitmennya dengan menyuguhkan makanan ini di momen Idul Adha yang akan datang.

“Kali ini kami ingin menginspirasi para ibu untuk menyajikan hidangan tongseng yang ternyata memiliki begitu banyak keistimewaan sehingga menjadikannya sebagai salah satu warisan kuliner Nusantara yang patut kita kenali, cintai, dan lestarikan,” kata Head of Marketing Savoury and Spread PT Unilever Indonesia Tbk Meila Putri Handayani.

Keistimewaan tongseng ini dari rasanya yang gurih dan lezat. Selain itu pengolahannya pun unik karena memadukan beberapa teknik masak, yaitu teknik menumis dan merebus sehingga tongseng semakin kaya rasa dari bumbu-bumbu yang digunakan saat merebus maupun menumis.

“Dengan teknik pengolahan tongseng yang tepat, kambing tidak lagi terasa alot, bumbunya lebih meresap dan bau prengus pun hilang,” ujar Meila.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6180 seconds (0.1#10.140)