Tips Hindari Gangguan Pernapasan Bagi Jemaah Haji

Selasa, 06 September 2016 - 09:20 WIB
Tips Hindari Gangguan Pernapasan Bagi Jemaah Haji
Tips Hindari Gangguan Pernapasan Bagi Jemaah Haji
A A A
JAKARTA - Cuaca panas dan kelelahan membuat jemaah haji rentan mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya, mengalami gangguan pernapasan. Tentu, hal ini bisa mengganggu proses ibadah yang tengah dijalani.

Untuk menghindari hal tersebut, dr Elisna Syahruddin, SpP(K) dari RSUP Persahabatan memberikan sejumlah tips. Berikut ulasannya.

1. Konsultasi ke dokter
Jemaah haji yang memiliki kelainan paru-paru dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter, khususnya sebelum berangkat menjalankan ibadah haji. Selanjutnya dokter akan memberikan obat untuk berjaga-jaga selama di tanah suci.

2. Cukup istirahat
Pastikan ibadah dan istirahat para jemaah cukup. Sayangnya hal ini kerap diabaikan sejumlah jamaah haji. Apalagi mereka yang sudah berusia lanjut, dianjurkan tidak terlalu lelah dan mengonsumsi vitamin serta banyak minum air putih. Elisna pun menjelaskan, salah satu penyebab penyakit pernapasan adalah kelelahan fisik.

3. Terhidrasi
Cuaca yang panas namun lembab juga membat para jemaah haji mudah mengalami hidrasi. Oleh karena itu, Elisa pun menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan banyak mengonsumsi air putih.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6078 seconds (0.1#10.140)