Mudahnya Mengolah Tongseng Petir ala Pak Nano

Senin, 12 September 2016 - 13:22 WIB
Mudahnya Mengolah Tongseng Petir ala Pak Nano
Mudahnya Mengolah Tongseng Petir ala Pak Nano
A A A
JAKARTA - Tongseng merupakan hidangan berbahan dasar daging kambing dengan kuah yang sarat akan rempah. Tak jauh berbeda dengan tongseng pada umumnya, Tongseng Petir Pak Nano yang populer di Yogyakarta ini juga menggunakan irisan daging atau bagian kambing lainnya sesuai keinginan pelanggan. Rasanya semakin lezat saat dikombinasikan dengan bawang merah, tomat, kubis, kuah gulai, kecap manis, dan cabai rawit.

Nah, Anda pun tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta, tepatnya ke rumah makan Tongseng Petir Pak Nano di Jl. Ring Road Selatan 90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Untuk menikmati tongseng ini dia berbagi resep sehingga Anda bisa membuatnya di rumah.

Seperti diketahui, cirri khas tongseng yang satu ini adalah penggunaan cabai yang tidak biasa. Rumah makan yang telah berdiri sejak 1984 ini memiliki tingkat kepedasan sesuai selera, mulai level PAUD yakni tanpa cabai, hingga level Professor yang cabainya mencapai lebih dari 50 buah.

“Sebelum diolah, daging itu digantung dulu supaya darahnya keluar. kemudian daging kambing jangan dicuci, supaya tidak alot. Waktu mengolah daging, kasih daun jeruk yang banyak supaya nggak bau prengus,” kata pemilik nama lengkap Sutiyarno itu.

Untuk lengkapnya, berikut ini cara membuat Tongseng Petir Pak Nano;

RESEP TONGSENG PETIR (untuk 3 porsi)
Bahan kuah gulai:
½ liter santan
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Merica dan garam secukupnya
Cabai sesuai selera
½ sdm cengkeh
1 bh kayu manis
1 bh kapulaga
½ pala
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 ruas kencur
1 bh sunti
3 lembar daun jeruk
2 lembar salam
1 ruas laos
1 batang serai

Bahan tumisan daging:
300 gram daging kambing
5 siung bawang merah, rajang tipis
7 siung bawang putih, haluskan
5 butir kemiri, haluskan
Cabai sesuai selera
1 bh tomat
Kecap manis
Merica secukupnya
Irisan kol secukupnya

Cara memasak kuah gulai:
Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam, cabai, cengkeh, kayu manis, kapulaga, pala, kunyit, jahe, kencur dan sunti. Kemudian tumis seluruh bumbu hingga harum, masukkan ke dalam santan yang telah dipanaskan hingga mendidih.

Tambahkan daun jeruk, salam, laos dan serai ke dalam santan yang telah bercampur dengan bumbu, kemudian rebus santan hingga mendidih.

Cara memasak tumisan kambing:
Tumis irisan bawang merah, cabai, dan tomat. Kemudian masukkan bawang putih dan kemiri yang telah dihaluskan, tumis sampai harum. Selanjutnya, masukkan daging, tumis sampai setengah matang.

Tambahkan kuah gulai, kecap manis, merica dan irisan kol. Masak hingga matang dan sajikan hangat dengan nasi putih.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4918 seconds (0.1#10.140)