5 Bahan Alami untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit Wajah

Rabu, 21 September 2016 - 10:25 WIB
5 Bahan Alami untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit Wajah
5 Bahan Alami untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit Wajah
A A A
JAKARTA - Merawat kulit wajah memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun sesulit apapun itu, merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah merupakan hal terpenting yang harus dilakukan secara rutin oleh setiap wanita. Meski begitu, berhati-hati memilih krim, serum, atau obat-obatan tentu juga harus dilakukan.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami dan membuatnya sendiri dirumah. Selain lebih nyaman karena dilakukan sendiri dan tidak terikat waktu, cara ini tentu lebih aman sehingga Anda tak perlu khawatir akan efek samping terhadap kulit wajah Anda. Dikutip Food.NDTV, berikut 5 bahan alami pilihan ahli kecantikan asal New Delhi, Suparna Trikha yang mungkin dapat menginspirasi Anda.

1. Yoghurt
Yogurt sangat baik bila Anda memiliki kulit berminyak bahkan juga kulit kombinasi (berminyak dan kering). Ambil dua sendok teh yoghurt kemudian aplikasikan pada wajah di malam hari, dipijat perlahan, kemudian bilas. Ini akan membersihkan serta mencegah kulit Anda dari kerusakan.

2. Tomat
Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang tepat untuk dipilih jika Anda ingin menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit. Hanya dengan menggosokkan tomat dingin ke kulit wajah Anda, mereka tak hanya dapat membersihkan kulit namun juga membantu mengatasi pori-pori yang terbuka, membuat kulit terlihat kenyal, dan mengencangkan kulit.

3. Pepaya
Jika Anda memiliki kulit kombinasi, dengan menumbuk pepaya kemudian dicampur dengan oatmeal dan sedikit susu dapat menghasilkan keajaiban. Oleskan campuran papaya tersebut ke seluruh wajah dan leher kemudian bilas. Tak hanya dapat membersihkan kulit karena papaya memiliki enzim pembersihan yang kuat, tetapi juga dapat membantu mengurangi efek paparan sinar matahari berlebih, bercak-bercak hitam dan menambahkan asam hyroxy alpha alami untuk kulit.

4. Stroberi
Untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi, stroberi tumbuk adalah pilihan yang baik. Stroberi mengandung enzim alami yang sangat baik untuk kulit wajah. Tumbuk tiga sampai emat buah stroberi kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan biarkan selama lima menit, kemudian bilas. Tidak hanya akan membantu melembutkan kulit, tetapi ini juga dapat membuat wajah terlihat lebih cerah dan dapat menambahkan Vitamin C pada kulit.

5. Lemon dan Jeruk
Jika Anda memiliki kulit kering dan membutuhkan pertolonga ekstra untuk membersihkan sisa make-up atau kotoran dan debu dari pori-pori Anda, buatlah campuran berikut: 10 sendok teh minyak almond, 10 sendok teh minyak zaitun dan air dari setengah buah lemon dan simpan di dalam botol. Untuk menggunakannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, tambahkan kulit jeruk parut secukupnya dan aplikasikan perlahan pada kulit, termasuk daerah sekitar mata. Ini akan mengusir kotoran dan debu dan dapat mengelupaskan kulit kering juga sehingga kulit menjadi lebih lembut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3992 seconds (0.1#10.140)