Waspada! Debu di Rumah Menganggu Kesuburan

Waspada! Debu di Rumah Menganggu Kesuburan
Waspada! Debu di Rumah Menganggu Kesuburan. (Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Memiliki rumah yang bersih tak hanya memberikan kenyamanan, namun juga dipercaya bisa mencegah pemiliknya terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal tersebut telah diungkapkan melalui penelitian yang menyebutkan, bahwa rumah kotor dan debu meningkatkan risiko penghuninya lebih mudah terserang penyakit.

Dilansir dari NY Daily News, hal ini disebabkan oleh debu yang berada di rumah mengandung 45 bahan kimia berbahaya. Tak hanya itu, dari jumlah tersebut, 10 bahan kimia yakni sekitar 90% banyak berada di benda-benda rumah.

Peneliti dari George Washington University, Amerika Serikat, Amy Zota menjelaskan, bahwa umumnya racun-racun dalam debu berasal dari produk rumahan. Sementara, bahan yang dinilai paling berbahaya adalah phtalates.

Phtalates merupakan bahan yang biasa terdapat dalam botol air minum plastik, hair spray, kosmetik dan sabun. Bahan kimia ini dipercaya bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terserang penyakit seperti asma, attention-deficit hyperactivity disorder, kanker payudara, obesitas dan diabetes tipe 2.

Parahnya, bahan kimia tersebut juga bisa mengganggu kesuburan pria dan wanita. Oleh karena itu, para peneliti  menyarankan untuk rutin membersihkan rumah dan menghindari produk-produk berbahaya, rajin mencuci tangan dan rutin membersihkan lantai rumah dengan vacuum cleaner.


(nfl)
dibaca 1.414x
Top