Festival Pesona Palu Nomoni Pentaskan 10 Ritual Adat

Festival Pesona Palu Nomoni Pentaskan 10 Ritual Adat
Festival Pesona Palu Nomoni di Kota Palu yang digelar pada 2426 September 2016 akan dimeriahkan dengan 9 panggung dan dihadirkannya 10 ritual adat. (Blogspot)
A+ A-
PALU - Perhelatan Festival Pesona Palu Nomoni di Kota Palu tinggal menghitung hari. Tepatnya pada tanggal 24—26 September 2016 perhelatan yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu akan dimulai.

“Kami sudah mendapatkan kabar dari panitia bahwa akan menyediakan sembilan panggung pertunjukkan dan lima arena ritual di sepanjang 7,2 kilometer di Teluk Palu. Kami yakin sensasinya akan luar biasa dan sangat menghibur,” ujar Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.

Menurut Raseno, pembangunan panggung tersebut sudah berlangsung dua hari terakhir diawali dari pembangunan panggung utama seluas 22 x 12 meter, yang akan dijadikan pusat kegiatan pembukaan dan penutupan acara. Panggung utama tersebut dibangun di bagian utara Teluk Palu, tepatnya di dekat lokasi penggaraman.

“Penjelasan panitia kepada kami bahwa lokasi tersebut dipilih selain luas, juga strategis karena bisa melihat empat dimensi sekaligus keindahan Kota Palu yakni teluk, lembah, sungai, gunung dan penggaraman,” kata dia.

Sekadar informasi, lokasi penggaraman tersebut unik karena berada di tengah kota dan hingga kini masih lestari yang diwariskan secara turun temurun oleh pemiliknya. Selain itu, lokasi panggung utama ini diperkirakan bisa menampung 2.000—2.500 pengunjung sekaligus.

“Dari sembilan panggung yang akan dibangun tersebut, delapan diantaranya akan digunakan sebagai pertunjukan seni budaya nusantara. Selain itu sejumlah perwakilan budaya dari berbagai etnis seperti Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi Selatan sudah siap mengisi sejumlah panggung tersebut,” papar dia.

Wali Kota Palu Hidayat mengatakan panggung nusantara tersebut dapat didekorasi sesuai dengan budaya atau adat dari daerah mana saja yang ingin menampilkan budayanya. Selain sembilan panggung panitia juga menyiapkan lima arena pertunjukan ritual adat balia, salah satu adat ritual masyarakat Kaili yang mendiami lembah Palu.


Selanjutnya...
dibaca 4.094x
Halaman 1 dari 3
Top