Angin Duduk atau Serangan Jantung?

Angin Duduk atau Serangan Jantung?
Angin Duduk atau Serangan Jantung?.(Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah orang menilai, rasa tidak nyaman pada dada yang disertai dengan sesak napas saat berdiri serta telentang dan hilang saat duduk kerap dikaitkan dengan masuk angin atau yang biasa disebut dengan angin duduk. Namun, anggapan ini tidaklah tepat.

Pasalnya, kondisi tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit serangan jantung. Parahnya, kondisi ini bisa menyebabkan penderitannya meninggal dunia secara tiba-tiba.

"Orang bilangnya kondisi seperti itu sebagai angin duduk. Sebenarnya orang tersebut mengalami serangan jantung," papar spesialis bedah jantung konsultan dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, Maizul Anwar di Jakarta.

Untuk mengatasinya, Maizul pun menyarankan untuk segera mengunjungi rumah sakit guna mendapatkan pertolongan. Selain itu pastikan juga tidak memberikan obat masuk angin apalagi mengerok tubuh pada area yang terasa sakit.

"Jangan disangka itu masuk angin. Bawa segera ke rumah sakit untuk diperiksa dan ditangani dokter. Apalagi kalau gejala-gejala serangan jantung yang disangka angin duduk juga disertai dengan keluarnya keringat, harus cepat-cepat dibawa ke dokter agar tahu yang sebenarnya terjadi," pungkasnya.


(nfl)
dibaca 1.983x
Top