Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Teh Racikan

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Teh Racikan
Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Teh Racikan. (Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Teh yang dibuat dari beberapa macam teh atau ditambah dengan bahan-bahan tengah populer. Ragamnya pun cukup banyak. Agar lebih nikmat, teh racikan juga banyak yang ditambahkan dengan buah kering.

Selain buah-buahan kering, teh juga bisa ditambahkan dengan bahan lainnya, mint kering, jahe, serai, kayu manis, mawar, melati, krisan, chamomile. Menariknya, teh tersebut tak hanya nikmat tapi juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Lalu apa saja manfaat mengonsumsi teh racikan? Berikut ulasannya yang dikutip dari buku The Story in A Cup of Teh karya Ratna Somantri.

1. Barley
Di Jepang, teh barley dipercaya bisa membantu membersihkan darah dari kotoran. Sementara di Cina digunakan untuk meredam stres.

2. Chamomile
Dibuat dari bunga chamomile, teh ini cukup populer di kalangan masyarakat. Manfaatnya pun cukup banyak. Di antaranya, mampu merilekskan saraf yang tegang dan bisa membantu mereka yang mengalami insomnia.

3. Chrysanthemum
Di China, teh Chrysantemum digunakan untuk mencegah dan mengobati sakit tenggorokan serta menurunkan demam. Bunga ini juga digunakan untuk menyembuhkan flu dan mencegah jerawat. Sedangkan di Korea, teh ini dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi.

4. Ginseng
Di wilayah Asia Tenggara, teh jenis ini dikenal berkat khasiatnya sebagai suplemen yang bisa menambah daya tahan tubuh dan stamina. Ginseng juga dipercaya bisa meningkatkan libido pria.

5. Jahe

Banyak manfaat yang bisa diambil dari mengonsumsi teh jahe. Di antaranya menyembuhkan batuk, meredakan mual, meredakan sakit perut dan menghangatkan badan. Jahe juga bisa mencairkan darah dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu, bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah pada jantung dan nyeri rematik.

6. Mawar
Bunga mawar kering yang disebuh dengan air panas bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Biasanya, teh mawar dikonsumsi dengan tambahan madu untuk menimbulkan rasa manis.

7. Peppermint
Daun peppermint banyak disukai ketika diseduh dan dinikmati sebagai teh. Aroma mint yang khas dengan sedikit rasa pedas bisa memberikan efek menghangatkan tubuh.

8. Rosella
Penelitian USDA pada tahun 2008 menunjukkan bahwa rosella bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Manfaat yang didapat dari teh dengan rasa asam segar dan seduhan berwarna merah ini mampu menjadi diuretik alami dan mengatasi masalah ginjal.

9. Serai
Serai bisa melancarkan peredaran darah dan meredakan rasa mual serta sakit perut saat menstruasi. Selain itu, sejak dulu teh serai juga dipercaya sebagai obat batuk tradisional yang memberikan efek menenangkan.


(nfl)
dibaca 1.415x
Top