5 Fakta Selai Cokelat yang Wajib Diketahui

5 Fakta Selai Cokelat yang Wajib Diketahui
Banyak orang hanya menikmati makanan yang biasa disandingkan dengan roti tawar ini. Padahal, pecinta kuliner pun wajib tahu dengan fakta dari selai cokelat ini . (istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Selai cokelat menjadi makanan yang disukai banyak orang, mulai anak-anak hingga orangtua. Salah satu yang terkenal adalah Nutella, selai cokelat hazelnut manis yang diproduksi perusahaan Italia, Ferrero.

Banyak orang hanya menikmati makanan yang biasa disandingkan dengan roti tawar ini. Padahal, pecinta kuliner pun wajib tahu dengan fakta dari selai cokelat ini . Dikutip Foxnews, berikut 5 hal penting yang wajib diketahui;

1. Resep Italia sejak lama
Nutella adalah pelesetan dari gianduja yang memiliki campuran sekitar 70% pasta hazelnut dan 30% cokelat. Selai ini ditemukan di kota di Italia, Turin atau Torino selama pemerintahan Napoleon sekitar tahun 1800. Sebuah blokade Mediterania membuat cokelat langka sehingga chocolatiers mencampurnya dengan hazelnut yang tersedia di wilayah tersebut.

2. Bukan sekadar selai cokelat
Menurut hukum Italia, Nutella hanya bisa disebut dengan krim hazelnut karena selai ini tidak memenuhi kriteria dari segi kandungan kakaonya.

3. Ferrero menggunakan 25% pasokan hazelnut
Setiap satu toples Nutella hanya mengandung sekitar 50 biji hazelnut dan Ferrero menggunakan 25% pasokan hazelnut secara global.

4. Lembut
Nutella mengandung 70% lemak dan gula. Setiap dua sendok makan Nutella mengandung 200 kalori, 11 gram lemak, dan 21 gram gula. Bahkan, Ferrero sempat menghadapi gugatan beberapa tahun yang lalu karena iklan yang menyebutkan Nutella adalah makanan bergizi dianggap palsu.

5. Hari Nutella sedunia
Hari Nutella sedunia dirayakan setiap 5 Februari, tapi mungkin seharusnya itu jatuh pada 20 April karena di tanggal tersebut pada 1964, toples Nutella pertama kali dijual ke pasaran.


(tdy)
dibaca 216x
Top