Berikut Ini Khasiat Surah Thaha Menurut Sayid Al-Muqaddam

Sabtu, 01 Juli 2023 - 15:09 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat Surah Thaha Menurut Sayid Al-Muqaddam
Surat Thaha bisa menjadi ikhtiar agar lamaran ke gadis diterima. Foto/IlustrasI: SINDOnews
A A A
Sayid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Thaha , Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa membawanya lalu dia pergi ke suatu kaum di mana dia ingin menikah dengan anak mereka maka mereka akan menikahkannya.

"Dan barangsiapa bertujuan untuk mendamaikan di antara orang-orang yang saling bermusuhan maka mereka akan damai; dan barangsiapa membawanya di antara dua pasukan maka mereka akan bercerai-berai," ujar Al-Muqaddam.

Selanjutnya, barangsiapa yang menulisnya dan meminumnya lalu dia menemui penguasa maka dia akan aman dari gangguannya.



Sebuah Panggilan

Thaha dalam surah At-Thaha adalah sebuah panggilan untuk laki-laki, dalam hal ini adalah Nabi Muhammad SAW . Hal itu sebagaimana riwayat Ibnu Abbas . Surat ini terdiri atas 135 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Maryam. Ia dinamai Thaha, karena diambil dari lafadz yang terdapat dalam ayat pertama.

Sebagaimana lazimnya surat-surat dalam Al-Qur'an yang memakai huruf-huruf abjad pada permulaannya, di mana huruf-huruf tersebut seakan-akan menjadi pemberitahuan dari Allah kepada para pembacanya, bahwa sesudah huruf itu akan dikemukakan hal-hal yang sangat perlu diketahui. Maka seperti itulah dalam Surat Thaha ini, Allah menjelaskan bahwa Al-Qur'an merupakan peringatan bagi manusia, wahyu dari Allah selaku pencipta manusia.

Keistimewaan bahwa surah ini mengandung al-ismul a'dzam (nama Allah yang paling agung), sehingga dipercaya bahwa jika berdoa dengannya akan dikabulkan.



Lalu, mereka yang membaca Surah Thaha diberikan catatan amal perbuatan dengan tangan kanan dan tidak dihisap atas apa yang dilakukannya setelah Islam.

Kitab Tsawabul- A'mal menyebut dari Abi Abdullah telah berkata, "Janganlah kalian bosan membaca Surat Thaha, karena sesungguhnya Allah mencintainya dan mencintai yang membacanya. Barangsiapa yang membacanya dengan istiqamah, maka Allah akan memberikan kitab (catatan amal perbuatan) dengan tangan kanannya di hari kiamat, Allah tidak menghisabnya atas apa yang dilakukannya setelah Islam, dan memberinya pahala di akhirat hingga ia merasa ridha."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)