Perceraian Memicu Stres dan Serangan Jantung

Sabtu, 24 September 2016 - 23:09 WIB
Perceraian Memicu Stres dan Serangan Jantung
Perceraian Memicu Stres dan Serangan Jantung
A A A
LOS ANGELES - Kasus perceraian yang menimpa sejumlah artis, baik dalam dan luar negeri berdampak pada banyak hal, mulai perasaan sedih, kecewa, mengganggu anak-anak hingga mempengaruhi kesehatan.

Seperti diketahui, desainer top Dian Pelangi dan Tito Haris Prasetyo baru saja divois cerai oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jumat lalu. Demikian dengan Angelina Jolie dan Brad Pitt yang siap bercerai. Melihat masalah tersebut, psikolog dan terapis fisik Elizabeth Lombardo PhD seperti dilansir Health menilai emosi negatif seperti sedih dan cemas akan mempengaruhi tubuh.

"Emosi negatif yang menyertai perceraian, seperti kesedihan, kecemasan, khawatir, dan kewalahan adalah jenis stres bagi tubuh," kata Elizabeth.

Lanjut Elizabeth menjelaskan peristiwa yang mengarah ke perpisahan dan perceraian yang berlarut-larut bisa menyebabkan seseorang mengalami stres kronis. Parahnya, kondisi ini mempengaruhi setiap organ tunggal dan sistem dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation: Cardiovascular Quality menyatakan 24% wanita yang telah melalui perceraian pernikahan mengalami serangan jantung. Sedangkan wanita yang telah melalui perceraian lebih dari satu kali akan lebih berisiko 77%.

Hal senada diungkapkan penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, di mana penelitian tersebut mengungkapkan mereka yang mengalami perceraian dalam hidupnya akan lebih berisiko terserang penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Selain mempengaruhi kesehatan fisik, perceraian juga mempengaruhi psikologis. Penelitian dari Journal of Applied Social Psychology mengatakan perselisihan yang terjadi dengan mantan pasangan bisa membebankan kesehatan mental. Selain itu mereka yang memiliki riwayat depresi akan kambuh jika mengalami perceraian.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)