Menag Yaqut Cholil Apresiasi Petugas Haji: I Love You All, Full!

Minggu, 02 Juli 2023 - 06:02 WIB
loading...
Menag Yaqut Cholil Apresiasi Petugas Haji: I Love You All, Full!
Menag Yaqut menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh petugas haji Indonesia yang telah bekerja keras membantu jemaah menjalankan ibadah pada musim Haji 2023. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MAKKAH - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh petugas haji Indonesia yang telah bekerja keras membantu jemaah menjalankan ibadah pada musim Haji 2023.

"Kepada para petugas haji Indonesia, hormat saya setinggi-tingginya atas segala dedikasi yang telah diberikan," tulis Menag dalam akun Twitter pribadinya @YaqutCQoumas, dikutip Minggu (2/7/2023).



Yaqut mengatakan, mata kepala dan mata batin yang fokus dan lurus menjadi saksi perjumpaan para petugas haji dengan tugas-tugas yang tidak ringan. Biarkan lah Allah SWT yang menilai dan melimpahi pahala kepada para petugas haji.

"Jika masih ada kekurangan, itu hal manusiawi dan wajar. Jika ada yang mencaci, biarkanlah," ucapnya.



Menurut dia, jika tidak ada yang menghormati para petugas haji tidak memerlukan hal tersebut. Petugas haji juga tidak bisa memaksa seseorang untuk menghormatinya.

"Tetapi kalian tetap bisa menolak untuk tidak dihargai! I love you all, full," pungkasnya.

Diketahui, fase puncak haji 1444 H/2023 M di Arafah–Muzdalifah–Mina (Armuzna) telah usai. Seluruh jemaah haji, termasuk dari Indonesia, telah meninggalkan Mina dan kembali ke Makkah.

Mereka selanjutnya akan melaksanakan Tawaf Ifadah di Masjidilharam. Bersamaan dengan berakhirnya puncak haji, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah menggelar pertemuan dengan para menteri dan delegasi negara-negara pengirim jemaah haji.

Pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Makkah, Saudi Arabia, pada Jumat 30 Juni 2023.
Menag Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam pertemuan ini memenuhi undangan dari Menteri Haji dan Umrah Saudi Taufiq F Al Rabiah.

Ikut mendampingi Direktur Penyelenggaran Haji dan Umrah Hilman Latief, Sekjen Kemenag Nizar, Irjen Kemenag Faesal AH, Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Menteri Haji dan Umrah Saudi Taufiq F Al Rabiah dalam pertemuan itu menyampaikan terima kasih atas kerja sama seluruh negara hingga proses pelaksanaan puncak haji selesai.

Menteri Taufiq berharap kerja sama antarnegara pengirim jemaah haji ke depan bisa ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan jemaah haji.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3418 seconds (0.1#10.140)