Atasi Nyeri Menstruasi dengan Hindari Junk Food

Kamis, 29 September 2016 - 10:20 WIB
Atasi Nyeri Menstruasi dengan Hindari Junk Food
Atasi Nyeri Menstruasi dengan Hindari Junk Food
A A A
JAKARTA - Rasa sakit kerap dirasakan banyak wanita saat datang bulan atau menstruasi tiba. Umumnya, rasa sakit muncul pada bagian perut hingga mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, banyak wanita yang memilih mengonsumsi obat pereda rasa nyeri.

Namun, ada makanan sehat yang dipercaya bisa meredakan rasa sakit saat menstruasi. "Makanan tepat yang menyediakan nutrisi dapat mengurangi (rasa nyeri) terkait dengan gejala, atau bertindak langsung pada mereka," papar ahli gizi Erin Skinner Real Nutrisi RX.

Dilansir dari Glamourmagazine, ahli diet yang fokus terhadap kesehatan wanita, Gaynor Bussell, mengatakan bahwa melakukan diet seimbang dan sehat serta menghindari junk food akan membantu meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

"Wanita yang makan diet seimbang, tidak diisi dengan junk food yang tinggi gula dan lemak jenuh, cenderung tidak menderita. Ibarat menjalankan mesin Anda menggunakan bahan bakar yang tepat. Kira-kira membagi diet menjadi 40-45% dari kalori karbohidrat, 30% dari lemak (meminimalkan lemak jenuh dan trans) dan 25-30% dari protein," ungkap Gaynor.

Selain itu, susu yang tinggi kalsium juga baik dikonsumsi saat menstruasi. Pasalnya, susu ini akan meredakan rasa sakit saat menstruasi. Penelitian terbaru dari Beni Suef Universitas di Mesir menunjukkan, bahwa wanita yang mengonsumsi 400 miligram kalsium dan 400 IU vitamin D mampu mengatasi gejala menstruasi sama seperti pil KB.

"Tampaknya lebih efektif jika kalsium dan vitamin D berasal dari diet Anda, sehingga mengkonsumsi setara dengan setengah liter susu sehari. Misalnya, minum sepertiga dari setengah liter susu dan makan sepotong keju atau 125g yoghurt," jelas Bussell.

Penelitian lain dari Iran mengatakan, kunyit merupakan rempah-rempah yang bisa mengurangi rasa sakit mensturasi dalam tiga sekaligus. "Ini sedang menyarankan bahwa rempah-rempah berwarna dan buah, seperti kunyit dan blueberry, mungkin memainkan peran memerangi peradangan pada akar dari banyak penyakit," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)