Rotary Club Gelar Jalan Sehat Usung Tema Perdamaian

Senin, 03 Oktober 2016 - 10:17 WIB
Rotary Club Gelar Jalan Sehat Usung Tema Perdamaian
Rotary Club Gelar Jalan Sehat Usung Tema Perdamaian
A A A
JAKARTA - Mengkampanyekan perdamaian dan mencegah konflik, Rotary Club Jakarta Metropolitan menggelar jalan sehat bertema "Peace Walk : Peace Stars from Home". Ikuti sekira 1000 peserta yang merupakan gabungan dari Rotary Club instansi pemerintah, yayasan, perusahaan serta masyarakat luas, mereka melakukan jalan sehat yang menempuh 3,1 5km dengan star dan finish di halaman Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta, Minggu (2/10/2016) pagi.

Kegiatan yang mengangkat tema 'perdamaian dimulai dari keluarga' itu dihadari oleh Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras, Distric Governor Rotary Indonesia D3410 Sadana Mulyono, serta Presiden Rotary Club Jakarta Metropolitan Wichard Von Harrach.

Presiden Rotary Club Jakarta Metropolitan Wichard Von Harrach mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini selain mengajak masyakat untuk berprilaku sehat, juga bertujuan menyebarkan pesan perdamaian yang dapat disosialisasikan mulai dari organisasi terkecil di masyarakat yakni keluarga.

Dia menjelaskan, konflik mampu membuat banyak masyarakat terganggu dan membuat pemerintah perlu langsung turun meredam situasi. Konflik dalam konteks kehidupan memang selalu memunculkan ancaman situasi yang sangat tidak kondusif.

"Kita ingin mendorong dan membantu proses perdamaian itu melalui keluarga, komunitas. Kita mencoba berbagi dengan semampu kita," ujar Harrach.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Jalan Sehat Matharion mengatakan, kegiatan Peace Walk ini berkaitan erat dengan bagaimana mengatasi konflik baik itu skala besar maupun kecil, dan memberikan pendidikan serta sosialisasi sejak dini tentang pentingnya perdamaian.

"Kami mengambil tema Peace Walk : Peace Stars from Home itu karena kami menangkap sangat penting peran keluarga dalam menanamkan nilai perdamaian dan kejujuran," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras menyambut baik kegiatan jalan sehat yang mengusung tema keluarga tersebut.

"Ini bentuk peranan masyarakat. Temanya sangat luar biasa pencegahan konflik dan perdamaian keluarga. Kita (Kemensos) punya program untuk keluarga. Perdamaian dari keluarga, kalau keluarga nggak damai akan berpengaruh pada yang lain. Kita akan kokohkan ini dengan kesetiakawanan sosial yang peringati setiap Desember," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6059 seconds (0.1#10.140)