Terminal Hijrah Bersiap Sambut Kedatangan Jemaah Haji dari Makkah ke Madinah

Sabtu, 08 Juli 2023 - 17:46 WIB
loading...
Terminal Hijrah Bersiap Sambut Kedatangan Jemaah Haji dari Makkah ke Madinah
Jelang kedatangan jemaah haji dari Makkah ke Madinah, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah mulai melakukan persiapan di Terminal Hijrah. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Jelang kedatangan jemaah haji dari Makkah ke Madinah, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah mulai melakukan persiapan di Terminal Hijrah.

Terminal yang berjarak 20 Kilometer dari Kota Suci Madinah ini akan menjadi titik awal pemantauan jemaah haji Indonesia sebelum masuk ke Madinah.

"Insyaallah pada tanggal 10 Juli 2023 jemaah haji Indonesia yang berada di Makkah akan diberangkatkan ke Madinah," ujar Kasie Sektor Bir Ali Aruji Maswatu, Sabtu (8/7/2023).

Berbeda dengan Bir Ali di mana jemaah haji turun untuk mengambil miqat, kata Aruji, di Terminal Hijrah jemaah tidak turun dari bus. Namun demikian, kelengkapan dokumen jemaah akan dicek oleh muassasah.



"Setelah bus tiba di Terminal Hijrah, sopir akan menyerahkan paspor jemaah yang telah dikumpulkan ke muassasah di loket-loket. Selanjutnya muassasah akan memvalidkan dan mengeluarkan tasreh surat jalan," katanya.

Tugas dan fungsi para petugas di Terminal Hijrah ini adalah memantau pergerakan dan kedatangan bus serta melakukan cek list kedatangan jemaah di Terminal Hijrah. Selain itu juga melaporkan ke Makkah mengenai bus-bus yang sudah tiba di Terminal Hijrah.

"Kami juga melaporkan ke Madinah khususnya sektor-sektor bahwa bus yang mengangkut jemaah haji akan berangkat dari Terminal Hijrah menuju hotel. Dengan begitu, petugas di sektor bisa melakukan persiapan," ucapnya.


Rencananya, kata Aruji, sebanyak 15 petugas akan ditempatkan di Terminal Hijrah setiap harinya. Mereka akan bertugas mulai pukul 11.00 hingga 01.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Hal ini dilakukan mengingat pemberangkatan bus jemaah biasanya dimulai pada pukul 06.00 WAS pagi.

"Kami akan membagi dua sift. Untuk sift pertama bertugas mulai pukul 11 siang sampai pukul 01.00 WAS dini hari. Tergantung kedatangan bus juga. Tugas kami memastikan seluruh bus dan jemaah tiba di Terminal Hijrah. Sedangkan sift kedua bertugas keesokan harinya dengan waktu yang sama," tandasnya.

Aruji menyebut pada hari pertama yakni 10 Juli nanti sebanyak 18 kloter jemaah haji akan diberangkatkan dari Makkah ke Terminal Hijrah.

"Biasanya bus diberangkatkan dari Makkah mulai pukul 06.00 pagi. Perjalanan dari Makkah yang memakan waktu 6 sampai 7 jam diperkirakan pukul 11.00 hingga 13.00 WAS bus tiba di Terminal Hijrah. Sedangkan pada sore hari keberangkatan terakhir pukul 18.00 dan tiba di Terminal Hijrah bisa pukul 23.00 hingga 02.00 dini hari," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)