Ini Peran MNC Play di Jazz Truck 2016

Rabu, 19 Oktober 2016 - 01:08 WIB
Ini Peran MNC Play di Jazz Truck 2016
Ini Peran MNC Play di Jazz Truck 2016
A A A
SURABAYA - Untuk mewadahi para pegiat seni mengekspresikan diri melalui music, khususnya jazz, MNC Play bersama Biostv menyelenggarakan festival jazz bertajuk ‘Jazz Truck 2016’. Acara ini merupakan program off air Biostv, salah satu stasiun televisi lokal di Surabaya.

Acara yang berlangsung di Balai Pemuda Surabaya pada 15 dan 16 Oktober 2016 ini menjadi ajang gathering para musisi dan pencinta jazz di Surabaya. Menariknya, festival ini dilengkapi dengan Foodtruck Corner dan Jazz Community Performance yang dikemas dalam nuansa Jazz Truck 2016. Tujuannya untuk melahirkan bibit-bibit baru di ranah musik jazz, utamanya di kalangan remaja.

Musik jazz memang bukanlah genre musik paling populer, namun setidaknya jazz sudah memiliki fondasi yang kuat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya keberadaan komunitas penggemar jazz di Indonesia.

“Komitmen MNC Play untuk mendukung penggiat seni di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Penggiat seni memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan industri kreatif yang berbasis kreativitas yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknologi,” kata Senior Sales Manager MNC Play Surabaya Fredy Arianto Yuwono.

“Teknologi internet melalui fiber optic yang diusung MNC Play dapat memberikan manfaat bagi penggiat seni sebagai contoh jika mereka ingin memperbarui pengetahuan mereka mengenai perkembangan seni atau ingin memperlihatkan bakat mereka melalui sosial media. Layanan MNC Play yang menghadirkan internet berkecepatan tinggi hingga 1000 Mbps. Kami juga memiliki saluran-saluran terkait musik yang bisa menambah pengetahuan musik para penggiat seni seperti Channel V, Nat Geo Music dan lainnya,” tambahnya.

Jazz dikenal lewat nada irama yang pelan dan easy listening. Selain itu memiliki ciri khas instrumen berupa gitar, saksofon, trumpet, biola, dan piano yang dikombinasikan dengan alat musik lain.

Perkembangan musik jazz memiliki sejarah panjang. Jazz memiliki subgenre jenis aliran musik yang cukup banyak. Perkembangan jazz di Indonesia sudah mulai populer. Era musik modern, jazz kian bertransformasi dengan genre musik lain. Ada banyak musisi dan penyanyi beraliran jazz yang populer dengan memadukan dengan genre dan jenis musik lain.

Dewa Budjana, Andien, Tompi, Syaharani hingga band Maliq & D'Essentials menjadi contoh musisi jazz yang non-mainstream. Mereka pun masuk dalam deretan penyanyi jazz Indonesia terbaik saat ini.

Selain itu, jazz sering diputar di kafe-kafe di kota kota besar di Indonesia. Ada banyak komunitas komunitas jazz, terutama di Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali yang memang langganggan mengadakan festival jazz.

Untuk memeriahkan acara ini, Biostv menghadirkan penampilan dari band-band dari komunitas jazz asli Surabaya di antaranya, Fusion Jazz, Korek Jazz, ITS Jazz Ctwosix Jazz Club Dan Surabaya All Star dan menghadirkan bintang tamu Silampukau.

“Kami berharap acara ini dapat menemukan bibit-bibit baru khususnya untuk mengembangkan musik jazz. Tentunya acara ini tidak akan berlangsung dengan sukses tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, kami sangat mengapresiasi hal ini,” kata GM Biostv Wahyu A. Priambodo.

Acara meliputi Jazz Music Performance, Gathering Jazz Community, Coaching Clinic, Saxophone Parade, Repairing Instrument, Food Truck Corner, Teen Jazz Competition, Jazz Community Perform, Teen Jazz Competition, dan Lomba Fotografi.

Music Performance digelar selama 2 hari. Musisi yang tampil pada hari pertama yakni, Silampukau, ITS Jazz, SBY All Star, Jazz Community Perform, Finalis Teen Jazz Competition. sementara pada hari kedua; Fusion Jazz Community, Korek Jazz, Jazz Community Performance dan Finalis Teen Jazz Competition.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3971 seconds (0.1#10.140)