alexa snippet

Usia Berapa Wanita Harus Lakukan SADARI?

Usia Berapa Wanita Harus Lakukan SADARI?
Memeriksa payudara sendiri atau SADARI ini sangat penting dilakukan wanita. Tujuannya mencegah kanker sedini mungkin. Foto/ ILustrasi/ Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar mengungkapkan pentingnya melakukan periksa payudara sendiri atau SADARI. Cara ini dilakukan untuk mencegah dan menangani kanker sedini mungkin.

"Pemeriksaan payudara sendiri merupakan salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Ini sangat penting karena kalau terdeteksi stadium awal, nyawa kita bisa ditolong. Untuk itu kita harus melakukan SADARI sedini mungkin," kata Linda ditemui di Kuningan City, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Lantas kapan wanita harus melakukan SADARI? Menurut Linda, pemeriksaan ini bisa dilakukan pada wanita yang sudah mengalami menstruasi. Pasalnya, pada waktu tersebut hormon dalam tubuh sudah berkembang.

"Di usia anak-anak sekolah, mereka yang sudah menstruasi. Karena di usia tersebut sudah ada perkembangan hormon. Untuk pemeriksaannya bisa dilakukan delapan hari setelah mestruasi. Itu waktu yang tepat," jelasnya.

Sementara untuk wanita yang sudah menopause, SADARI dilakukan setiap tanggal tertentu yang mudah diingat. "Misalnya setiap tanggal satu atau setiap tanggal kelahiran. Sebaiknya SADARI juga dilakukan setiap bulan," pungkasnya.



(tdy)
dibaca 3.039x
loading gif
Top