Ini Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Selasa, 25 Oktober 2016 - 11:20 WIB
Ini Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui
Ini Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan kasus terbanyak kedua yang dialami oleh wanita setelah kanker serviks dengan tingkat prevelensi sebesar 0.5%.

Selain itu, data yang dihimpun oleh Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2007 menunjukkan, kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di seluruh rumah sakit di Indonesia sebesar 16,85%.

"Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) hadir untuk mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan. Di bidang promotif, preventif dan suportif," papar ketua YKI dan Perhimpunan Onkologi Indonesia, Prof DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM kepada Sindonews di Jakarta.

Sementara salah satu gejala kanker payudara adalah adanya benjolan di payudara. Namun, tak semua benjolan di payudara merupakan pertanda adanya kanker. Oleh karena itu, Prof Aru menyarankan setiap wanita mengetahui gejala penyakit mematikan ini.

"80% benjolan di payudara itu jinak dan sisanya 20% ganas. Ciri-cirinya ada benjolan kecil seperti bakso kalau digerakkan dari kulit dia tidak bergerak, tidak sakit juga. Keluar cairan dari puting susu. Kalau sakit malah nggak apa-apa karena kalau sakit bisa aja itu radang," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4832 seconds (0.1#10.140)