4 Menu Latihan Berat Shin Tae-yong yang Bikin Pemain Timnas Indonesia Keteteran

Rabu, 12 Juli 2023 - 20:03 WIB
loading...
4 Menu Latihan Berat Shin Tae-yong yang Bikin Pemain Timnas Indonesia Keteteran
Shin Tae-yong merupakan sosok pelatih yang dikenal paling tegas, disiplin dan profesional dalam segala hal. Ia selalu memperhatikan pola makan, fisik, dan teknik bermain dari Skuad Garuda / Foto: PSSI
A A A
Shin Tae-yong merupakan sosok pelatih yang dikenal paling tegas, disiplin dan profesional dalam segala hal. Ia selalu memperhatikan pola makan, fisik, dan teknik bermain dari Skuad Garuda.

Soal latihan, Shin Tae-yong selalu memberikan menu dan pola latihan yang terbukti efisien dalam meningkatkan performa pemain. Tak hanya latihan ringan, sejumlah menu latihan berat pun dihidangkan kepada para pemain Timnas Indonesia.


Berikut 4 Menu Latihan Berat Shin Tae-yong yang Bikin Pemain Timnas Indonesia Keteteran:

1. Naik Turun Tangga


Naik turun tangga menjadi salah satu menu latihan berat yang diterapkan Shin Tae-yong setiap harinya. Menu latihan ini biasanya dilakukan ketika ia menggelar training camp atau pemusatan latihan bersama anak asuhnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menerapkan latihan dengan intensitas tinggi sebanyak tiga kali sehari selama pemusatan latihan. Naik turun tangga biasanya dilakukan pada pagi hari untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan daya tahan kardiovaskular.

2. Skipping


Latihan berat yang diberikan Shin Tae-yong selanjutnya yaitu menyajikan skipping. Latihan yang satu ini biasanya diterapkan pada pagi hari bersama dengan dengan naik turun tangga.

Dua menu latihan tersebut termasuk latihan strength endurance. Dengan melakukan skippin dan naik tangga, pemain Timnas Indonesia diharapkan memiliki fisik dan kelincahan yang jauh lebih baik lagi.

3. Pressing


Di waktu sore hari, sajian menu latihan Shin Tae-yong ditambah menggunakan bola. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertahan dan menekan lawan.

Pola latihan nantinya pemain akan dibagi menjadi dua kelompok yang saling berhadapan. Kelompok yang memiliki bola harus mengoper bola dengan cepat dan akurat, sementara kelompok yang tidak memiliki bola wajib mencoba merebut bola dengan cara pressing.

4. Weight Training (gym)


Shin Tae-yong juga memberikan menu latihan berupa gym atau angkat beban. Latihan ini biasanya dilakukan pada malam hari dan ditujukan kepada seluruh anak asuhnya di Timnas Indonesia.

Menurutnya, angkat beban menjadi hal yang penting, mengingat sepak bola begitu menuntut fisik. Dengan melakukan gym, badan pemain pun dinilai akan menjadi lebih kuat.

"Saya bercerita apa adanya saja ya. Ada 3 hal. Pertama, memang kurang mental profesionalnya. Kedua, masalah makan. Ketiga, enggak ngerti weight training," Kata Shin Tae-yong kala hadir di podcast Deddy Corbuzier.

"Weight training untuk menguatkan badan, maksudnya main bola kan pasti main body. Bakal banyak menabrak, benturan, harus keras mainnya. Kalau enggak punya body yang kuat, kita enggak bakal bisa mengeluarkan kemampuan terbaik kita. Saat saya baru datang, banyak pemain Indonesia tidak tahu soal weight training,” imbuhnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)