Kapal Induk AS Ditenggelamkan Pesawat Kamikaze Jepang saat PD II Ditemukan di Filipina

Rabu, 12 Juli 2023 - 20:12 WIB
loading...
Kapal Induk AS Ditenggelamkan Pesawat Kamikaze Jepang saat PD II Ditemukan di Filipina
USS Ommaney Bay, kapal induk AS yang ditenggelamkan pesawat kamikaze Jepang di Laut Sulu saat Perang Dunia II. Foto/NHHC
A A A
WASHINGTON - Kapal induk Amerika Serikat (AS) yang ditenggelamkan oleh pesawat kamikaze Jepang saat Perang Dunia (PD) II tahun 1945 telah ditemukan di Laut Sulu, di lepas pantai Filipina.

Bangkai kapal itu sebenarnya telah ditemukan empat tahun lalu, namun baru diidentifikasi sebagai kapal induk USS Ommaney Bay pada Senin lalu.

Menurut Angkatan Laut AS, sekitar 95 pelaut Amerika tewas dalam serangan 5 Januari 1945 terhadap Ommaney Bay, banyak di antaranya tenggelam bersama kapal induk tersebut.

“Ommaney Bay adalah tempat peristirahatan terakhir para pelaut Amerika yang melakukan pengorbanan terakhir untuk mempertahankan negara mereka,” kata pensiunan Laksamana Muda Samuel Cox, direktur Naval History and Heritage Command (NHHC), dalam sebuah pernyataan yang dilansir Stars and Stripes, Rabu (12/7/2023).



“Penemuan ini memungkinkan keluarga dari mereka yang kehilangan sejumlah penutupan dan memberi kita semua kesempatan lain untuk mengingat dan menghormati layanan mereka kepada bangsa kita," ujarnya.

Lokasi situs reruntuhan diberikan pada tahun 2019 kepada Angkatan Laut oleh Vulcan, LLC, sebuah perusahaan yang didirikan oleh mendiang salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, yang memiliki kapal pemburu bangkai kapal.

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa dua lembaga Australia, Sea Scan Survey dan DPT Scuba, membantu mengonfirmasi identitas USS Ommaney Bay dengan informasi survei dan rekaman video yang diambil dalam penyelaman laut dalam dari lokasi bangkai kapal.

Dengan situs kapal karam Ommaney Bay, Angkatan Laut telah menemukan setidaknya tiga kapal Amerika tahun ini yang tenggelam di Teater Pasifik selama Perang Dunia II.

NHHC mengumumkan pada bulan Februari bahwa mereka menemukan reruntuhan kapal selam USS Albacore yang telah lama hilang dan pada bulan Mei menemukan kapal perusak Angkatan Laut USS Mannert L. Abele.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0862 seconds (0.1#10.140)