Didekati Jet Tempur MiG-31 Rusia, Pesawat P-8A Poseidon Negara NATO Mengelak

Kamis, 13 Juli 2023 - 07:53 WIB
loading...
Didekati Jet Tempur MiG-31 Rusia, Pesawat P-8A Poseidon Negara NATO Mengelak
Moskow mengirim jet tempur MiG-31 untuk mencegah pesawat militer Norwegia melanggar perbatasan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mengirim jet tempur MiG-31 pada hari Rabu untuk mencegah pesawat militer P-8A Poseidon Norwegia melanggar perbatasannya di atas Laut Barents. Ketika didekati jet tempur Moskow, pesawat negara NATO itu mengelak pergi.

Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip Reuters, Kamis (13/7/2023), mengatakan awak MiG-31 mengidentifikasi pesawat Norwegia itu sebagai pesawat patroli P-8A Poseidon.

Interaksi pesawat militer itu terjadi ketika para pemimpin NATO—yang salah satunya dari Norwegia—bertemu di Lithuania pada hari kedua pertemuan puncak (KTT) yang didominasi oleh diskusi tentang perang Rusia di Ukraina.



Selama KTT NATO, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenky bersikeras menuntut agar Kyiv diterima sebagai anggota baru aliansi. Namun, negara-negara utama NATO, terutama Amerika Serikat, keberatan karena bergabungnya Ukraina ke NATO pada masa perang akan berarti perang antara aliansi dengan Rusia.

Pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengatakan seberapa dekat kedua pesawat militer itu satu sama lain.

“Penerbangan pesawat tempur Rusia dilakukan sesuai dengan aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara di atas perairan netral, tanpa melintasi rute udara atau mendekati pesawat negara asing secara berbahaya,” kata kementerian tersebut.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)