8 Kampus Top dengan Jurusan Sains Data Terbaik, Lulusannya Langganan Perusahaan Teknologi

Selasa, 18 Juli 2023 - 10:45 WIB
loading...
8 Kampus Top dengan Jurusan Sains Data Terbaik, Lulusannya Langganan Perusahaan Teknologi
Massachusetts Institute of Technology (MIT) menjadi universitas dengan jurusan sains data terbaik di dunia versi QS World Rangking. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sederet kampus dunia dengan Jurusan Sains Data Terbaik di Dunia 2023. Sains data atau data science menjadi ilmu yang semakin dibutuhkan banyak perusahaan besar seiring pesatnya penggunaan teknologi digital.

Tak heran, sains data kini menjadi salah satu jurusan yang populer di berbagai universitas dunia. Sejumlah universitas pun menawarkan jurusan data sains terbaik bagi para mahasiswanya. Dirangkum dari QS World University Ranking, berikut 8 universitas dunia dengan jurusan sains data terbaik di dunia

Daftar Kampus dengan Jurusan Sains Data Terbaik di Dunia 2023 versi QS World Rangking

1.Massachusetts Institute of Technology (MIT) - 96,3 Poin

Massachusetts Institute of Technology (MIT) menjadi universitas dengan jurusan sains data terbaik di dunia lantaran memiliki skor sebesar 96,3 poin.Di jurusan sains data MIT, mahasiswa akan diajari tentang data, analitik, dan pembelajaran mesin masa kini dan masa depan. Alhasil, lulusannya dapat bersaing di industri mana pun di seluruh dunia.

Selain itu, tersedia program MicroMasters yang dikembangkan oleh MITx dan MIT Institute for Data, Systems, and Society (IDSS). Program ini membahas dasar-dasar probabilitas dan statistik, serta mempelajari, menerapkan, dan bereksperimen dengan teknik analisis data hingga algoritma pembelajaran mesin.

2. Carnegie Mellon University - 95,9 Poin

Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat menempati urutan kedua dengan skor 95,9 poin. Program sains data di universitas ini dirancang untuk mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai aspek ilmu data.



Mahasiswa dapat memperluas pengetahuan sains mereka dengan mempelajari bahasa pemrograman modern, pemodelan matematika dan komputasi, metode komputasi seperti komputasi paralel, teknik pembelajaran mesin, visualisasi informasi, hingga perangkat lunak modern.

3. University of California, Berkeley (UCB) - 91,9 Poin

University of California, Berkeley (UCB) berada di posisi selanjutnya dengan skor sebesar 91,9 poin. Departemen sains data di UCB didirikan pada Juli 2019 untuk memanfaatkan keunggulan Berkeley dalam penelitian untuk memajukan penemuan dan pengajaran di bidang sains data.

Jurusan sains data di UCB menawarkan mahasiswa untuk mengeksplorasi bidang ini dan berkolaborasi dengan para pengajar dari berbagai universitas. UCB juga memberi mahasiswa pengetahuan teknis yang mendalam serta keahlian penerapan sains data di bidang yang akan mereka pilih.

4. University of Oxford - 90,3 Poin

University of Oxford dikenal sebagai salah satu universitas kelas dunia dengan fasilitas pendidikan yang unggul. Universitas tertua di dunia yang terletak di Inggris ini juga memiliki jurusan sains data terbaik dengan skor 90,3 poin.

Jurusan sains data di Oxford memadukan ilmu data dengan ilmu sosial. Pendekatan ilmu data untuk pencarian informasi, pemodelan, dan prediksi. Sementara, pendekatan ilmu sosial untuk analisis berbasis teori, kritik terhadap proses sosial, dan hubungan antara kebijakan dan praktik.

5. Harvard University - 89 Poin

Universitas terbaik untuk jurusan sains data berikutnya ditempati oleh Harvard University dengan skor 89 poin. Program sains data di universitas ini mempelajari ilmu tentang pemodelan statistik, pembelajaran mesin, optimasi, manajemen dan analisis kumpulan big data, serta akuisisi data.

Program ini juga berfokus kepada topik-topik, seperti analisis data yang dapat direproduksi, pemecahan masalah kolaboratif, visualisasi dan komunikasi, serta masalah keamanan dan isu etika yang muncul dalam sains data.

6. University of Toronto - 88,5 Poin

University of Toronto di Kanada masuk sebagai universitas dengan jurusan sains data terbaik di dunia dengan skor 88,5 poin. Bahkan, Forbes mengakui jurusan sains data di University of Toronto sebagai 10 program master kecerdasan buatan dan sains data terbaik di dunia.

Jurusan sains data di University of Toronto menawarkan mahasiswanya pemahaman tingkat lanjut tentang metode statistik dan ilmu komputer, pelatihan penelitian.Selain itu, para mahasiwa diberi kesempatan untuk menguji pengetahuan melalui program magang penelitian terapan di universitas ini.

7. University of Washington - 85,3 Poin

Universitas ini menyediakan program sains data untuk meningkatkan keahlian dalam pemodelan statistik, manajemen data, pembelajaran mesin, serta visualisasi data. Selain itu, program sains data di University of Washington juga menawarkan ilmu di bidang rekayasa perangkat lunak, desain penelitian, etika data, dan pengalaman pengguna untuk memenuhi kebutuhan industri, nirlaba, hingga lembaga pemerintah.

8. Princeton University - 84,8 Poin

Universitas tertua keempat di Amerika Serikat ini menempati urutan kedelapan dengan skor sebesar 84,8 poin. Jurusan sains data di Princeton University mengintegrasikan tiga unsur.

Pertama, matematika dasar pembelajaran mesin. Kedua, aplikasi interdisipliner dari pembelajaran mesin untuk memecahkan berbagai masalah dunia nyata.Ketiga, pemeriksaan mendalam serta inovasi terkait implikasi sosial kecerdasan buatan, termasuk isu-isu seperti bias, kesetaraan, dan privasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)