Gandeng PLN, Fakultas Teknik UI Kembangkan Isu Strategis Ketenagalistrikan

Senin, 24 Juli 2023 - 14:19 WIB
loading...
Gandeng PLN, Fakultas Teknik UI Kembangkan Isu Strategis Ketenagalistrikan
Bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-59, FTUI menjalin perjanjian kerja sama dengan PT PLN (Persero) untuk mengembangkan isu strategis ketenaglistrikan. Foto/Bachtiar Rojab.
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) terus berkontribusi mengembangkan sumber daya alam (SDM) di bidang kelistrikan. Salah satunya bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-59, FTUI menjalin perjanjian kerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero).

Dekan FTUI Heri Hermansyah mengatakan, dalam kerjasama ini, kedua belah pihak bakal berkolaborasi dalam pengembangan teknologi sumber daya untuk mengatasi berbagai isu strategis ketenagalistrikan.“Kerja sama pendidikan dan riset inovasi ini merupakan bukti nyata hubungan yang tak terpisahkan dari FTUI dengan industri," ujar Heri dalam keterangannya, Senin (24/7/2023).

Selain itu, kata Heri, pihaknya juga membuka lebar kesempatan bagi para praktisi di PLN untuk melanjutkan pendidikan di FTUI.
"FTUI menyediakan kesempatan bagi para praktisi untuk melanjutkan pendidikan di bidang keteknikan dan kesempatan penelitian bersama untuk menjadi wadah knowledge transfer dari FTUI kepada para praktisi dan masyarakat luasDengan harapan dapat berdampak unggul untuk kemajuan ketenagalistrikan di Indonesia,” imbuhnya.



Di sisi lain, General Manager PT PLN (Persero) Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Iswan Prahastono mengatakan, kerjasama ini merupakan upaya menjawab tantangan yang dihadapi industri ketenagalistrikan di Indonesia.
PT PLN juga akan dapat memanfaatkan pengetahuan dan penelitian yang dilakukan oleh FTUI untuk mengembangkan teknologi baru, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya di sektor ketenagalistrikan.

“Kami sangat menghargai kontribusi FTUI dalam riset dan pengembangan teknologi yang akan memberikan dampak positif bagi industri dan masyarakat secara keseluruhan,” paparnya.

Dengan memperkuat kolaborasi ini, lanjut Iswan, diharapkan FTUI dapat menyediakan pendidikan dan pelatihan yang relevan bagi para mahasiswa dan tenaga kerja di sektor ketenagalistrikan. "Hal ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan dalam sektor ketenagalistrikan," pungkasnya.

Penandatanganan kerja sama ini secara langsung ditandatangani oleh Dekan FTUI Heri Hermansyah, dan General Manager PT PLN (Persero) Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Iswan Prahastono.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)