Cara Mengatasi Tali Gas Motor Putus di Tengah Jalan, Kenali dan Pahami

Senin, 24 Juli 2023 - 15:57 WIB
loading...
Cara Mengatasi Tali Gas Motor Putus di Tengah Jalan, Kenali dan Pahami
Cara Mengatasi Tali Gas Motor Putus di Tengah Jalan. FOTO/ RIDEAPART
A A A
JAKARTA - Kondisi tali gas motor yang mendadak putus bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Tak perlu panik, sejumlah hal berikut ini bisa dicoba dilakukan sampai menemukan bengkel terdekat.



Pada penggunaannya sehari-hari, sepeda motor memang sangatlah berguna. Meski demikian, tak jarang muncul kejadian tak terduga berupa masalah atau kerusakan pada kendaraan terkait yang digunakan.

Melihat banyak jenisnya, salah satu di antaranya yang bisa terjadi adalah tali atau kabel gas putus. Kondisi seperti ini tentu cukup merepotkan, terlebih ketika terjadi pada lokasi yang berjauhan dengan bengkel atau tempat ahlinya.

Alih-alih memperbaikinya sendiri, satu jalan yang mungkin dipilih adalah mendorongnya sampai menemukan bengkel. Tak perlu khawatir, dalam hal ini Anda bisa melakukan sejumlah langkah agar motor tetap bisa dikendarai sampai tiba di bengkel. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari laman Astra Honda.

Cara Mengatasi Tali Gas Motor Putus (H2)

Pertama, Anda perlu mengetahui bagian kabel mana yang terputus. Apabila berada di ujung handle gas, cukup tarik kabel seling gas.

Setelah itu, ambil benda seperti pipa berbentuk L pada ujung kabel gas. Ketika kabel selingnya terlihat, cobalah untuk hidupkan mesin motor. Jika berhasil, motor akan kembali menyala.

Namun, perlu diketahui bahwa berkendara dengan kondisi demikian harus dilakukan dengan waspada dan hati-hati. Jalankan motor secara perlahan saja, setidaknya hingga sampai rumah atau menemukan bengkel terdekat.

Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan bagi motor yang menggunakan single kabel seling gas atau motor dengan pengabutan karburator. Sementara untuk jenis motor lainnya mungkin akan lebih sulit dan terpaksa sementara mendorongnya.

Kondisi seperti ini tentu menjadi hal menyebalkan. Maka dari itu, Anda bisa mencegah kejadian tak diinginkan seperti itu dengan terus memeriksa dan merawat kabel gas motor secara berkala.

Apabila telah lama digunakan dan belum diganti, kelenturan gas bisa menjadi kurang optimal ketika digunakan. Tak hanya membuat gas yang ditarik kurang lancar, kondisi ini juga bisa mengganggu kenyamanan berkendara.

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi tali gas motor yang putus mendadak di tengah jalan. Semoga bermanfaat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)