Bir Terbukti Dapat Melawan Penyakit Alzheimer

Rabu, 30 November 2016 - 18:20 WIB
Bir Terbukti Dapat Melawan Penyakit Alzheimer
Bir Terbukti Dapat Melawan Penyakit Alzheimer
A A A
JAKARTA - Salah satu penyakit yang tragis dalam hidup seseorang adalah ketika kehilangan memori untuk mengingat orang terdekat. Hal ini karena mengalami demensia di usia tua. Tentunya, hal ini menjadi sebuah ketakutan tersendiri apabila melihat orang yang dicintai kehilangan diri mereka.

Pada tahun 2012, Jepang memiliki 4,6 juta pasien dengan demensia dan sekitar 70 persen di antaranya menderita penyakit Alzheimer. Mirisnya, tren penyakit tersebut hingga kini masih belum menunjukkan tanda-tanda pengurangan.

Namun, siapa yang menyangka bahwa pemeran utama dalam melawan Alzheimer adalah salah satu pabrik terbesar di Jepang, Kirin? Mereka bekerja sama dengan Universitas Tokyo dan Universitas Gakushuin. Dalam sebuah studi yang menunjukkan bahwa komponen yang ditemukan dalam bir, ternyata dapat membantu memerangi penyakit yang ditakuti tersebut.

Meskipun penyebab penyakit Alzheimer tidak sepenuhnya dipahami. Sebab yang diketahui secara luas bahwa peptida yang disebut dengan amiloid beta memainkan peran penting untuk memicu penyakit tersebut. Dan hal ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kognitif.

Menurut penelitian terbaru ini, akumulasi amiloid beta ini dapat dikurangi dengan diet stabil asam iso-alpha yang dihasilkan, ketika hop (bunga betina) yang dimasak untuk menghasilkan bir dan memberikan rasa pahit. Asam iso-alpha memberikan sel kekebalan di otak yang disebut dengan mikroglia, yang dapat menjaga asam amino dari penyakit Alzheimer sebelum menjalar dan menyebabkan banyak kerusakan.

Dilansir Rocketnews, setelah melakukan percobaan pada tikus, hasilnya juga menunjukkan bahwa, tentu saja bir bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan asam iso-alpha. Makanan atau minuman dengan hop yang dipanaskan tentu juga bisa, termasuk bir non-alkohol. Apapun pilihan Anda, semakin pahit nampaknya akan semakin baik.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6877 seconds (0.1#10.140)