10 Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan Beserta Gajinya, Masa Depan Aman

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:10 WIB
loading...
10 Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan Beserta Gajinya, Masa Depan Aman
Lulusan Teknik Pertambangan bisa bekerja menjadi ahli tambang tapi juga ahli geologi. Profesi ini bertanggung jawab melakukan survei lapisan permukaan bumi.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sederet prospek kerja lulusanT eknik Pertambangan beserta gajinya. Kamu tertarik masuk jurusan Teknik Pertambangan, tapi masih bingung mau jadi apa setelah lulus nanti?

Tenang, Jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia merupakan industri yang sangat menjanjikan, didukung dengan Indonesia sebagai salah satu negara sangat kaya akan sumber daya alam.

Lulusan Teknik Pertambangan akan memiliki peluang karier luas di industri pertambangan, apalagi gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 peluang kerja lulusan Teknik Pertambangan beserta estimasi gajinya.

10 Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan Beserta Gajinya

1.Industri Minyak dan Gas Bumi

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang tertarik dengan jurusan ini karena faktor gaji besar. Industri minyak dan gas bumi di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata, beberapa perusahaan besar seperti PGN, British Petroleum, PT. Pertamina, Schlumberger, Chevron, dan lain-lain menjadi perusahaan dengan peminat yang besar. Teknik Pertambangan memiliki peran yang cukup penting dalam ranah industri migas yaitu eksplorasi.

Gaji : Rata-rata sekitar Rp7 juta per bulan. Jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta jika kamu sudah bekerja tahunan.

2.Teknisi Laboratorium

Prospek kerja selanjutnya kamu bisa menjadi seorang teknisi laboratorium. Berkarier sebagai teknisi laboratorium mempunyai tugas seperti menyediakan semua kebutuhan teknis yang dibutuhkan laboratorium untuk bekerja.

Tidak hanya itu, teknisi laboratorium juga bertugas menerapkan prosedur keamanan dan juga kesehatan. Profesi ini memegang peranan penting dalam tahapan riset dan pengembangan.

Gaji : Sekitar Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan.

3.Ahli Tambang dan Geologi

Setelah lulus kamu tidak hanya bisa menjadi ahli tambang tapi juga ahli geologi, karena ilmu geologi juga kamu pelajari di perkuliahan. Prospek kerja teknik pertambangan yang satu ini bertanggung jawab dalam melakukan survei lapisan permukaan bumi.

Hal itu dilakukan untuk mecari tahu apakah tempat itu layak untuk menjadi situs pertambangan. Pekerjaan ini juga bertugas dalam mendukung proses pertambangan yang ramah lingkungan. Biasanya ahli tambang dan geologi ini memiliki sertifikasi Competent Person Indonesia (CPI).

Gaji :Rata-rata Rp8 juta per bulan.


4. Ahli Pengeboran Bumi

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, jurusan teknik pertambangan mempelajari matematika dan mekanisme alat. Oleh sebab itu, ahli pengeboran bumi bisa juga menjadi prospek kerja teknik pertambangan. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk tahu bagaimana cara pengoperasian pengeboran yang lebih ekonomis.

Gaji Mulai Rp4,3 juta hingga Rp7,7 juta per bulan

5.Peneliti

Menjadi peneliti di bidang tambang adalah salah satu pilihan karir yang bisa kamu tekuni. Untuk menjadi peneliti, biasanya lulusan teknik pertambangan harus mengambil studi lanjut di program pascasarjana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)