Mengenal Al-Ahqaf, Tempat Kaum Ad dalam Al Qur'an

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:42 WIB
loading...
Mengenal Al-Ahqaf, Tempat Kaum Ad dalam Al Quran
Dari sejumlah penjelasan yang ada dalam Al Quran, para ahli tafsir berspekulasi bahwa Kaum Ad tinggal di sebuah kota bernama Iram yang di antara Aden (Yaman) dan Hadramaut (Yaman).. Foto istimewa
A A A
Kaum Ad jadi salah satu kaum yang disebut dalam kitab suci Al Qur'an. Mereka termasuk ke dalam suku kuno di masa kenabian yang dimusnahkan dengan berbagai bencana.

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa nenek moyang Kaum Ad adalah generasi ke-4 dari Nabi Nuh AS , yaitu Ad bin Aus bin Sam bin Nuh AS. Namun kaum ini justru meninggalkan ajaran nenek moyang mereka.

Dalam sejarah terdapat dua kaum Ad, yakni ‘Ad awal dan ‘Ad akhir. Mereka yang termasuk golongan awal adalah pengganti umat Nabi Nuh setelah banjir besar, kaum ini menyembah berhala bersama Shamad, Shamud, dan Huran.

Sementara Kaum Ad yang kedua inilah yang membuat Nabi Hud diutus untuk menyadarkan mereka. Sayangnya Kaum Ad menolak, dan karena itulah mereka mendapat azab berupa kekeringan dan topan besar yang memusnahkannya.

Sampai saat ini masih belum jelas pastinya, dimana mereka tinggal sebelum kemusnahan. Namun sejumlah ahli tafsir dan peneliti sempat berspekulasi terkait tempat tinggal Kaum Ad.

Spekulasi Tempat Kaum Ad

Dari sejumlah penjelasan yang ada dalam Al Quran, para ahli tafsir berspekulasi bahwa Kaum Ad tinggal di sebuah kota bernama Iram yang di antara Aden (Yaman) dan Hadramaut (Yaman).

Pendapat lain menyebutkan bahwa Iram berada di Damaskus karena dikaitkan dengan Aram yang berkuasa di wilayah tersebut sejak abad 11 SM.

Namun, ada pula yang percaya bahwa Kota Iram ini hanyalah spekulasi belaka dan hanya khayalan belaka. Karena itu mereka berpendapat bahwa tempat Kaum Ad berada di Al Ahqaf yang merupakan nama salah satu surat dalam Al Quran.

Mengenal Al Ahqaf, Tempat Kaum Ad

Para peneliti berbeda pendapat tentang letak Al-Ahqaf. Ada yang menduga di daerah luas di Arab Saudi selatan, ada yang menyebut di sebelah timur laut Hadramaut di selatan Rub-al-Khali (Arab Saudi).

Ada pula yang berargumen bahwa kediaman Kaum Ad bukanlah di Arab Saudi Selatan, melainkan di Utara. Karena daerah tersebut diperkirakan berkelok-kelok di daerah yang membentang dari Hisma di Sinai sampai daerah suku Syamr.

Pendapat tentang Al Ahqaf di Utara Arab Saudi ini didukung dengan kaum Oaditac dalam buku Yunani karangan Ptolemaeus yang menyebutkan bahwa mereka bertempat tinggal di bagian utara Semenanjung Arab, dekat lokasi sumur Iram di daerah Hisma.

Fakta lain yang dapat mendukung pendapat bahwa tempat tinggal kaum Ad di bagian utara Semenanjung Arab adalah adanya anggapan bahwa Nabi Hud merupakan nabi yang muncul di daerah Palestina dan utara Hijaz.

Ada pula penulis Arab yang berpendapat bahwa al-Ahqaf, tempat tinggal kaum Ad adalah Gunung Syam. Nama al-Ahqaf sampai kini masih ada yakni di dekat Madyan.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)