Cetak Sejarah, Beyonce Raih 9 Nominasi Grammy Awards

Rabu, 07 Desember 2016 - 03:15 WIB
Cetak Sejarah, Beyonce Raih 9 Nominasi Grammy Awards
Cetak Sejarah, Beyonce Raih 9 Nominasi Grammy Awards
A A A
LOS ANGELES - Nominasi Grammy ke-59 baru saja diumumkan. Pada penghargaan kali ini, Beyonce mencetak sejarah sebagai musikus wanita dengan nominasi terbanyak.

Beyonce mendapatkan 9 nominasi tahun ini, termasuk untuk album, lagu dan rekaman terbaik. Tiga penghargaan tertinggi Grammy ini adalah untuk lagunya, Formation, dan album terbarunya berjudul Lemonade, sebuah koleksi lagu tentang ras, feninisme dan pemberdayaan.

Penyanyi R&B berusia 35 tahun ini telah dinominasikan sebanyak 62 kali dalam sejarah Grammy. Dia telah memenangkan 20 Grammy sepanjang 20 tahun kariernya di dunia musik, tapi dia belum pernah memenangkan penghargaan untuk kategori album terbaik.

Dalam tiga kategori paling bergengsi penghargaan ini, Beyonce akan berhadapan dengan Adele—yang sebelumnya memenangkan ketiga kategori ini pada Grammy 2012. Tahun ini, dengan album 25, Adele kembali masuk nominasi untuk tiga kategori tersebut.

Untuk kategori album terbaik, Beyonce dan Adele juga harus berhadapan dengan Justin Bieber, Drake dan bintang country Sturgill Simpson. Dikutip dari BBC, kalau Adele memenangkan kategori ini, maka dia akan menjadi wanita kedua yang menerima Grammy album terbaik setelah Taylor Swift.

Sementara Kanye West, Drake dan Rihanna juga mendapatkan banyak nominasi pada Grammy kali ini dengan masing-masing meraih 8 nominasi. Selama kariernya, Kanye telah mendapatkan 68 nominasi Grammy dengan memenangkan 21 di antaranya.

Selain Beyonce, pencetak sejarah di Grammy kali ini adalah Chance the Rapper. Albumnya, Coloring Book adalah rekaman streaming-only pertama yang diakui Recording Academy. Dia mendapatkan tujuh nominasi termasuk untuk kategori artis pendatang baru terbaik, tanpa pernah merilis album fisik atau yang bisa diunduh secara digital.

Dua musisi legendaris yang meninggal dunia tahun ini, David Bowie dan Prince, juga meraih nominasi untuk Grammy kali ini. Album Blackstar milik Bowie mendapatkan 4 nominasi termasuk untuk kategori album alternatif terbaik. Di kategori ini, album itu akan bersaing dengan A Moon Shaped Pool milik Radiohead.

Sayangnya, album ini tidak masuk nominasi album terbaik. Padahal, Blackstar digadang-gadang bakal memenangkan kategori ini.

Sedangkan album terakhir Prince, Hit n Run Phase Two, memperoleh satu nominasi untuk kategori album non-klasik terbaik bersama Blackstar-nya Bowie. Sementara, meskipun mampu menjual jutaan kopi album, Coldplay hanya menerima satu nominasi untuk album mereka A Head Full of Dreams, yaitu untuk kategori video musik terbaik.

Grammy Awards adalah penghormatan musik tertinggi di Amerika Serikat. Dikutip dari Reuters, tiap tahun, industri musik memilih nominator dan pemenang dari lebih dari 80 kategori. Tahun ini, pemenang akan diumumkan di sebuah upacara yang dipandu James Corden di Staples Center, Los Angeles, pada 12 Februari mendatang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0341 seconds (0.1#10.140)