Pesona Kebaya Nusantara Hadirkan Kebaya Modern Amy Atmanto

Rabu, 07 Desember 2016 - 20:49 WIB
Pesona Kebaya Nusantara Hadirkan Kebaya Modern Amy Atmanto
Pesona Kebaya Nusantara Hadirkan Kebaya Modern Amy Atmanto
A A A
JAKARTA - Untuk melestarikan budaya bangsa sekaligus menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember mendatang, Koran Sindo dan Sindonews.com bersama dengan Perhimpunan Kebayaku menggelar acara Pesona Kebaya Nusantara. Acara ini menampilkan berbagai koleksi kebaya hasil rancangan dari desainer peraih Kartini Award, Amy Atmanto.

Amy Atmanto menjelaskan bahwa pada kesempatan ini ia menghadirkan kebaya dengan gaya yang lebih modern dengan warna dan desain beragam. Mulai dari kebaya sederhana, gaun, hingga kebaya yang lebih casual dengan potongan lengan pendek dan rok pendek. Hal ini bertujuan agar kebaya dapat digunakan di berbagai kesempatan baik di acara formal maupun acara non-formal, oleh ibu-ibu hingga anak muda.

"Bagi saya seorang desainer, bagaimana caranya menghadirkan busana tradisional ini dengan gaya yang up to date dan modern. Di show ini, saya mencoba menghadirkan rainbow expressions Nusantara dengan keberagaman, seperti kebaya tangan pendek dengan rok pendek, perpaduan songket dengan cape, kebaya simple, sampai kebaya gaun yang digemari anak muda dan ibu-ibu. Jadi koleksi kali ini lebih wearable dan menggambarkan pelangi nusantara. Saya memikirkan bagaimana akar budaya bangsa ini dapat aplikatif di busana-busana untuk event dari yang resmi maupun yang tidak terlalu resmi,” ungkap Amy, saat ditemui di acara Pesona Kebaya Nusantara di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Pada kesempatan ini, para anggota Perhimpunan Kebayaku yang hadir di acara tersebut, tampil kompak dengan kebaya berwarna merah. Warna ini adalah ikon perkumpulan ini.

"Pada kesempatan ini Perhimpunan Kebayaku ingin melestarikan kebaya senagai warisan pakaian nenek moyang. Hari ini untuk menyongsong Hari Ibu, kami bekerjasama dengan Koran Sindo dan Sindonews.com dan desainer Amy Atmanto, kami menyelenggarakan acara dengan tema Pesona Kebaya Nusantara. Kami dari perhimpunan semua mengenakan kebaya warna merah yang merupakan ikon kami," ujar Founder Perhimpunan Kebayaku, Nunun Darajatun.

Nunun mengaku senang dan bangga dengan perkembangan kebaya saat ini. Sekarang, kebaya sudah makin dikenal dan bahkan disukai para generasi muda.

"Selama ini saya merasa bangga dan senang karena saat ini saya melihat anak muda sudah mulai suka dengan kebaya walaupun mereka ingin yang lebih cepat, lebih longgar, namun itu tidak masalah dan kami sering melihat kebaya masih menjadi andalan di acara-acara formal maupun yang tidak begitu formal. Anak-anak muda selalu memakai kebaya saat acara undangan, pelantikan, wisuda. Saya bangga sekali kebaya saat ini tak hanya disenangi oleh ibu-ibu tapi juga generasi muda,” kata dia.

Pesona Kebaya Indonesia juga menghadirkan talkshow dengan tema 'Sejarah Kebaya dan Kebaya di Era Globalisasi'. Selain itu, ada pula fashion show yang menampilkan beragam koleksi kebaya dari Perhimpunan Kebayaku dan Amy Atmanto, koreografi dari Ari Tulang, dan penampilan memukau dari violis Mia Ismi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4520 seconds (0.1#10.140)