7 Tanda Datangnya Kiamat Sugra, Salah Satunya Praktek Riba Kian Merajalela

Selasa, 01 Agustus 2023 - 07:58 WIB
loading...
7 Tanda Datangnya Kiamat Sugra, Salah Satunya Praktek Riba Kian Merajalela
Kiamat kecil sendiri adalah tanda-tanda yang mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Beberapa tanda-tanda kiamat ini sebenarnya sudah terjadi sejak zaman Rasulullah dan berlanjut hingga sekarang. Foto ilus
A A A
Kiamat sugra merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kiamat kecil yang bakal dialami oleh sebagian makhluk maupun alam. Kiamat jenis ini kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Kiamat kecil sendiri adalah tanda-tanda yang mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Beberapa tanda-tanda kiamat ini sebenarnya sudah terjadi sejak zaman Rasulullah dan berlanjut hingga sekarang.

Beberapa dalil telah meriwayatkan bahwa hari kiamat sudah dekat dan tandanya sudah mulai nampak, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT berikut ini.

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ


Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan (QS.Al qamar:01)

اقْتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمْ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ مُعْرِضُونَ


Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya). (QS.Al anbiya :01)

Berikut ini adalah tanda-tanda kiamat sugra yang muncul dalam kehidupan sehari-hari:

1. Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Wafatnya Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu tanda kiamat kecil. Hal ini karena beliau adalah Nabi terakhir dan penutup para Nabi. Tidak ada lagi Nabi yang diutus setelah beliau hingga hari Kiamat.

2. Banyaknya orang kaya dengan harta yang berlimpah

Tanda selanjutnya yaitu banyaknya orang kaya yang memiliki harta melimpah, sehingga tidak mau atau pantas mendapatkan sedekah. Pada zaman tersebut manusia akan mendapatkan harta dengan mudah sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA bahwa rasul bersabda:

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, ‘Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

3. Munculnya beragam fitnah yang merajalela

Banyaknya fitnah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat juga termasuk salah satu tanda datangnya kiamat kecil. Sebagaimana yang diketahui jika segala perbuatan keji yang ditujukan pada umat islam adalah salah satu tanda kiamat kecil.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah, bagaikan bagian malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, dan di pagi harinya menjadi kafir. Orang yang duduk di saat itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri di saat itu lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada orang yang berlari. Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian, dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah seperti yang terbaik dari kedua anak Adam (Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim)

4. Fenomena datangnya nabi palsu

Hingga saat ini banyak manusia yang mengaku sebagai nabi. Pada masa Khalifah Abu Bakar, muncul pendusta seperti Musailamah al-Kadzab kemudian nabi palsu lainnya seperti -Aswad al-‘Ansi muncul di negeri Yaman Demikian juga dengan Thulaihah bin Khuwailid al-Asadi.

5. Riba yang mulai merambah

Riba merupakan suatu hal yang diharamkan oleh Allah lantaran dapat membawa kerugian bagi umat manusia. Namun, masyarakat saat ini tidak banyak yang memperdulikan harta mereka dan tidak merasa berat akan harta yang diperoleh dari riba.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu rasul bersabda

“Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh”

6. Berlomba menghiasi dan berbangga dengannya

Berlomba-lomba menghiasi masjid adalah salah satu tanda kiamat kecil yang disebutkan dalam beberapa hadis Rasulullah SAW. Ini menunjukkan bahwa di akhir zaman, manusia akan cenderung mengutamakan bentuk dan keindahan masjid daripada makna dan fungsi masjid.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sungguh kamu akan menghiasinya (yaitu: masjid-masjidmu) sebagaimana bangsa Yahudi dan Nashrani menghias (tempat-tempat ibadah mereka).” (. Al-Bukhari)

7. Waktu terasa semakin singkat

Waktu yang semakin singkat dengan bulan terasa pendek dan hari-hari berlangsung cepat merupakan salah satu dari tanda kiamat kecil. Tanda yang satu ini juga disebutkan dalam suatu hadits.

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga zaman semakin singkat, maka jadilah setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan hari jum’at seperti sehari, sehari bagaikan sejam, dan sejam bagaikan seperti terbakarnya pelepah pohon kurma (cepat sekali, ).” (HR.Ahmad, at-Tirmidzi, dan Al-Albani).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)